Quantum Power Asia Siapkan Investasi Rp 105 Triliun untuk Proyek PLTS Megah di IKN

Quantum Power Asia Siapkan Investasi Rp 105 Triliun untuk Proyek PLTS Megah di IKN
Listrik Indonesia | Perusahaan pengembang pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), Quantum Power Asia, mengumumkan niatnya untuk berinvestasi dalam proyek-proyek PLTS besar yang menakjubkan di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) yang berlokasi di Kalimantan Timur.

Dengan total nilai investasi mencapai 7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 105 triliun (kurs Rp 15.000), Quantum Power Asia berencana memperkuat jejaknya di Indonesia. Simon G. Bell, Managing Director dan CEO Quantum, secara pribadi mengungkapkan komitmennya ini kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut B. Pandjaitan, serta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat mereka berkunjung ke IKN pada 31 Mei 2023.

"Kami sangat terkesan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam membangun Nusantara, yang kami saksikan hari ini (31 Mei). Dalam upaya Quantum untuk mendukung visi Indonesia, kami mengambil langkah ini dengan memberdayakan Nusantara melalui sumber energi bersih, sesuai dengan prinsip utama kami: Indonesia First," ungkap Simon melalui pernyataan tertulis pada Jumat (2/6/2023).

Simon juga mengungkapkan bahwa proyek PLTS skala besar di IKN akan menjadi tonggak penting dalam meningkatkan kapasitas proyek Quantum di Indonesia hingga mencapai 5 gigawatt peak (GWp). Artinya, Quantum akan berperan besar dalam menyediakan listrik yang ramah lingkungan untuk masyarakat Indonesia.

Tahun sebelumnya, Quantum telah menandatangani kesepakatan awal dengan Nickel Industries Limited untuk menyuplai smelter mereka dengan listrik tenaga surya sebesar 500 megawatt dalam tahap pertama program ambisius 1 gigawatt. Namun, Quantum tidak berhenti di situ. Mereka juga sedang mengembangkan proyek PLTS dengan kapasitas mencapai 3,5 GWp, yang dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 12 gigawatt-jam (GWh), dan akan dibangun di Indonesia dengan total investasi sebesar 6 miliar dollar AS.

Apabila proyek ini mendapat persetujuan, Simon menyatakan bahwa energi yang dihasilkan akan dapat menyuplai listrik bagi masyarakat lokal di Kepulauan Riau. Bahkan, surplus energi bersih yang tercipta akan diekspor ke Singapura, memberikan manfaat ekonomi bagi kedua negara tersebut.

Dengan kesediaan investasi Quantum Power Asia dalam proyek-proyek PLTS yang mengesankan ini, Indonesia semakin menegaskan posisinya sebagai pemimpin regional dalam pengembangan energi bersih dan berkelanjutan.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index