NEWS
Trending

Rasio Elektrifikasi Sulteng, PLN Optimistis 2019 Capai 97 Persen

Rasio Elektrifikasi Sulteng, PLN Optimistis 2019 Capai 97 Persen
Manager Area Palu PT PLN (Persero) Emir Muhaimin
Listrik Indonesia, Palu | PT PLN (Persero) Wilayah Sulawesi menyatakan, terdapat sekitar ratusan desa di Sulawesi Tengah (Sulteng) yang belum berlistrik. Jumlah tersebut tersebar di sejumlah kabupaten di Sulteng.

Menurut Manager Area Palu PT PLN (Persero) Emir Muhaimin, terdapat sekitar 200 desa yang belum mempunyai aliran listrik. "Total desa di Sulteng mencapai dua ribu desa lebih. Sekitar 200-an desa di antaranya belum terjangkau listrik dari PLN," katanya di Palu, Sulawesi Tengah, Senin (9/1).

Ia menambahkan, pihaknya khusus melayani kebutuhan listrik masyarakat di tujuh (7) kabupaten di Sulteng dan terdapat sekitar 330 ribu pelanggan di kota Palu. Adapun tujuh kabupaten tersebut yakni Tojo Una-Una, Morowali, Morowali Utara, Poso, Parigi Moutong, Sigi, dan Donggala.

Pada 2017, perseroan akan memprioritaskan pembangunan infranstruktur kelistrikan di daerah-daerah yang masih rendah tingkat rasio elektrifikasinya. "Sejumlah daerah di Sulteng yang masih rendah rasio elektrifikasinya, antara lain Banggai Kepulauan (Bangkep), Banggai Laut, Parigi Moutong, Tojo Una-Una, Morowali, dan Morowali Utara," kata Emir.

Sedangkan di Kabupaten lain, lanjutnya, seperti Poso, Buol, Tolitoli, dan Sigi, rasio elektrifikasinya sudah di atas 80%. Kecuali Kota Palu, rasio elektrifikasinya hampir 100%.

Pada 2019 mendatang, Pemerintah telah menargetkan resio elektrifikasi nasional, termasuk di Sulteng sudah meningkat menjadi 97%. "Kami akan upayakan agar target itu bisa tercapai," tutur Emir Muhaimin.

Meski begitu, bukan berarti untuk mewujudkannya tidak mengalami kendala. Salah satu kendala utama dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Sulteng, yaitu menyangkut anggaran, pasalnya biaya yang dibutuhkan cukup besar untuk mewujudkan hal tersebut.

Untuk itu, dengan dihapuskannya subsidi listrik bagi golongan R-1/900 Volt Ampere (VA), pelanggan mampu diharapkan anggarannya dapat digunakan untuk mendukung program atau target pemerintah pada 2019 mendatang, dengan rasio elektrifikasi nasional meningkat sesuai target pemerintah, yakni sekitar 97%. (GF)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button