Business CORPORATION NEWS
Trending

Saat Pandemi, Konsumsi Listrik Terbesar Masih Jawa-Bali

Saat Pandemi, Konsumsi Listrik Terbesar Masih Jawa-Bali
Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril. (foto: net_
Listrik Indonesia | Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril mengungkapkan, konsumsi listrik nasional terbesar masih berada di Jawa-Bali yang disusul Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi. Konsumsi listrik di Jawa-Bali mencapai 72,3%. 

"Sumatera dan Kalimantan memberikan kontribusi konsumsi listrik sebesar 20,5%. Sisanya 7,2% di wilayah timur khususnya Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara. Ini kontribusi secara nasional," ujar Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril, Senin (26/10).

Diakuinya, pandemi Covid-19 tidak mengubah persentase konsumsi listrik nasional secara signifikan. Hanya saja, kata Bob, pertumbuhan konsumsi listrik dari sektor bisnis dan industri turun. 

"Selisihnya hanya 1% saja. Secara keseluruhan pertumbuhan Jawa dan Bali masih di bawah 0% atau masih negatif," katanya.

Kendati konsumsi listrik terbesar masih terpusat di Jawa-Bali, lanjutnya, rasio elektrifikasi di luar wilayah tersebut terus meningkat. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengaliri listrik ke wilayah daerah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T) di Indonesia.

"Dalam lima tahun terakhir, kita lihat pertumbuhan di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi sudah menunjukkan hasil yang positif sekali sesuai arahan program dari Presiden Jokowi. Dulu pertumbuhan dari Kalimantan dan Sumatera itu di bawah 20%, sekarang sudah 20,5%," imbuhnya.

Dia menuturkan, kontribusi Jawa-Bali dalam lima tahun ke belakang sekitar 70% hingga 78%. Namun sekarang mulai bergeser ke wilayah di luar Jawa-Bali. (pin)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button