NEWS
Trending

Sambangi Istana, Luhut Laporkan Hasil Kunjungan ke AS dan Blok Masela

Sambangi Istana, Luhut Laporkan Hasil Kunjungan ke AS dan Blok Masela
Listrik Indonesia | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Luhut Binsar Pandjaitan, menemui Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, untuk melaporkan hasil kunjungannya ke San Fransisco, AS, bulan lalu.
 
Luhut mengatakan, pertemuannya dengan Presiden mengenai persoalan energi yang menjadi agenda kunjungan kerja waktu itu.
 
“Tadi dengan Presiden saya melaporkan hasil kunjungan ke San Fransisco mengenai energi, yaitu bagaimana sekarang di California dilakukan satu teknologi penghematan energi,” kata Luhut di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/10).
 
Ia menambahkan, dengan teknologi dari sebuah software (perangkat lunak) yang dilakukan oleh Berkeley University, bisa menghemat 5 sampai 8 persen energi.
 
“Mereka bisa menghemat 5 hingga 8%. Nah teknologi software yang ada itu, riset yang dilakukan di sana, Berkeley University itu peluangnya bisa digunakan di Tanah Air,” terangnya.
 
Ia mengungkapkan, teknologi tersebut digagas oleh Departemen Energi AS. Pemerintah pun akan melihat peluang energi ini dengan melibatkan pihak-pihak dari PLN dan Kementerian ESDM. “Dan juga mungkin dari Bappenas atau BPPT untuk melihat ke sana,” paparnya.
 
Selain itu, mantan Menkopolhukam juga melaporkan soal perkembangan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2010, tentang biaya operasi yang dapat dikembalikan dan perlakuan pajak penghasilan di hulu minyak dan gas bumi (Migas).
 
“Mengenai kemajuan Blok Masela. Masela selama dua bulan terakhir ini, kemajuannya sudah sangat maju sekali. Jadi, pertemuan dua sampai tiga kali seminggu dilakukan tim ESDM, tim dari SKK Migas maupun Inpex dan Shell,” imbuhnya.
 
Ia mengaku, semalam telah mendapatkan laporan terbaru soal perkembangan Blok Masela dari Tim Kementerian ESDM. “Semua sedang berjalan, sekarang sudah detail buat apa. Sudah hampir jadi, nanti mungkin ada waktunya akan resmi disampaikan setelah sampai pada finalisasi,” pungkasnya.  (GF)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button