SCG Gandeng PETRONAS Wujudkan Transisi Energi yang Berkeadilan di ASEAN

SCG Gandeng PETRONAS Wujudkan Transisi Energi yang Berkeadilan di ASEAN
Dok. SCG

Listrik Indonesia | Pertemuan World Economic Forum 2023 di Davos, Swiss menjadi pertemuan perdana ASEAN Leaders for Just Energy Transition (Pemimpin ASEAN untuk Transisi Energi yang Berkeadilan). Roongrote Rangsiyopash, Presiden dan Chief Executive Officer SCG dan Muhammad Taufik, Presiden dan Group Chief Executive Officer PETRONAS terpilih menjadi Ketua Bersama atau Co-Chair yang bertugas untuk mendorong kegiatan transisi energi di kawasan ini.

 

Roongrote Rangsiyopash, Presiden dan Chief Executive Officer SCG, mengatakan, "Komunitas ini mempertemukan berbagai perusahaan prestisius dan berorientasi dampak dari berbagai sektor di kawasan Asia Tenggara, meliputi energi, keuangan, agribisnis, material, infrastruktur, dan mobilitas. Komunitas ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama pemerintah-swasta intra kawasan dan internasional, serta mendorong berbagai aksi yang diperlukan untuk mempercepat transisi energi yang adil dan inklusif."

 

Asia Tenggara saat ini memiliki populasi sebesar 680 juta penduduk dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat. Tren terkini menunjukkan bahwa penggunaan bahan bakar fosil meningkat dengan cepat dan energi terbarukan meningkat lebih dari dua kali lipat. Meskipun banyak negara telah berkomitmen meningkatkan kebijakan energi dan iklim untuk mencapai netralitas karbon dan mengurangi ketergantungan penggunaan batu bara, akan tetapi pandemi Covid-19 dan krisis energi global masih mengancam laju transisi energi.

 

"Melalui konsensus global menuju nol karbon pada tahun 2050, setiap negara harus menemukan solusi transisi energinya. Selain tindakan yang cepat, dibutuhkan kolaborasi antara pemerintah-swasta, baik secara regional maupun internasional akan sangat penting untuk menjamin masa depan energi yang makmur dan adil bagi ASEAN," ujar Roongrote Rangsiyopash.

 

Muhammad Taufik, Presiden dan Group Chief Executive Officer PETRONAS, mengatakan, "sebagai penyedia energi dan solusi progresif di ASEAN, kami melihat meskipun transisi energi akan menghadapi tantangan yang sulit, tetapi kami optimis transisi ini menawarkan peluang yang sangat besar. ASEAN Leaders for Just Energy Transition berkomitmen untuk menyatukan para pemangku kepentingan dari sektor publik maupun swasta untuk bertindak secara terkoordinasi dan efisien dalam menciptakan solusi transisi energi yang adil dan bertanggung jawab. Kita semua merupakan instrumen yang sama dalam berkolaborasi melayani kebutuhan energi untuk kesejahteraan setiap negara dan kawasan."

 

ASEAN Leaders for Just Energy Transition akan memanfaatkan forum kerja sama global untuk membentuk dan mendorong pelaksanaan berbagai inisiatif global yang relevan di Asia Tenggara. Forum ini juga bermanfaat sebagai wadah berbagi wawasan dan perspektif mengenai transisi energi di Asia Tenggara, serta terlibat dalam dialog lintas industri dan wilayah bersama berbagai tokoh publik, pemangku kebijakan, asosiasi industri, dan pelaku industri terkait lainnya. Langkah ini bertujuan untuk mendorong percepatan transisi energi yang adil di negara-negara ASEAN. (*)
 

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index