NEWS
Trending

Sejumlah Faktor Bikin Si Batu Hitam Bakal Membara

Listrik Indonesia | Sejumlah faktor akan mendorong kenaikan harga batu bara dalam pecan ini mulai dari pembatasan mobilitas di China, krisis listrik di India hingga larangan impor minyak mentah Uni Eropa.

Harga Si Batu Hitam diperkirakan masih akan 'membara' pada pekan ini. Setelah naik hampir 20% pekan lalu, harga sang batu hitam diperkirakan masih akan tetap melonjak, terutama karena lonjakan permintaan dari India.

Pada perdagangan Jumat pekan lalu (6/5/2022), harga batu bara di pasar ICE Newcastle (Australia) untuk kontrak Juni ditutup di level US$ 358,35 per ton. Naik 19,73% dibandingkan pekan sebelumnya.

Level harga tersebut juga menjadi yang tertinggi sejak 11 Maret 2022, atau hampir dua bulan terakhir. Dalam sebulan, harga batu bara melonjak 24,64% sementara dalam setahun melesat 273,47%.

Bahkan Kementerian Energi India sudah mengeluarkan aturan yang mewajibkan pembangkit listrik yang menggunakan batu bara impor untuk beroperasi dengan kapasitas penuh. Pemerintah India mendesak dunia usaha di negaranya untuk segera merealisasikan impor batu bara sebanyak 19 juta ton.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button