AGENDA NEWS
Trending

Sektor Ketenagalistrikan Menjadi Penggerak Ekonomi

Sektor Ketenagalistrikan Menjadi Penggerak Ekonomi

Listrik Indonesia | Jelang tutup tahun 2020, Ekonom Senior dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Aviliani mengatakan bahwa ekonomi nasional di tahun 2021 bisa tumbuh sebesar 3-3,5% dengan catatan protokol kesehatan dijalankan dengan ketat. Sedangkan pertumbuhan ekonomi DKI Jakarta diperkirakan masih di atas nasional. Hal ini dijelaskan saat menjadi narasumber dalam diskusi virtual Meneropong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta di 2021 (3/12).

Pada kesempatan yang sama, Kasubbag Ekonomi Daerah Biro Perekonomian dan Keuangan Pemprov DKI Jakarta, Azwar Anas menyampaikan bahwa DKI Jakarta mempunyai program pemulihan ekonomi yaitu relaksasi pemberian izin Usaha Mikro Kecil (UMK), pemberian kredit pemula dan penyaluran dana pemulihan ekonomi nasional, serta pembentukan koperasi di 12 kampung prioritas.

Mendukung pertumbuhan ekonomi khususnya di DKI Jakarta, PLN Unit Induk Distribusi Jakarta siap menghadirkan keandalan listrik untuk bisnis dan industri dari skala mikro sampai perusahaan besar. Stimulus untuk industri dan bisnis telah diluncurkan PLN saat pandemi Covid-19 yaitu diskon tambah daya listrik sebesar 75% untuk UMKM/IKM serta diskon tarif listrik 30%+5% bagi pelanggan industri daya 200 kilo Volt Ampere.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Doddy B Pangaribuan, menjelaskan bahwa di tahun 2020 listrik mengalami pertumbuhan negatif -4,95% secara akumulasi sampai Bulan Oktober dibandingkan tahun sebelumnya. Namun, seluruhnya masih di atas skenario yang ditetapkaan saat pandemi. Pada tahun 2021 Doddy optimis konsumsi listrik mengalami peningkatan seiring dengan optimisme pertumbuhan ekonomi.

Acara diskusi virtual Meneropong Pertumbuhan Ekonomi Jakarta di 2021 digagas PLN UID Jakarta Raya sebagai wadah diskusi antara pelanggan PLN yang berasal dari kalangan bisnis dan industri dengan para narasumber untuk memetakan arah bisnis dan industri ditahun depan khususnya DKI Jakarta. Perubahan perilaku masyarakat selama pandemi perlu diantisipasi oleh pelaku bisnis maupun pemerintah.

"Kita harus terus bahu membahu bersama mendorong bangkitnya perekonomian dan kami siap menghardikan keandalan pasokan listrik sebagai penggerak," pungkas Doddy. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button