Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Selamat Ulang Tahun Negeriku

Selamat Ulang Tahun Negeriku


Tujuh puluh lima tahun usiamu,
Kau makin dewasa, tua, dan keriput,
Semoga kami bisa membuatmu kembali tersenyum...

Tujuh belas agustus, tanggal sakti yang diingat oleh semua insan di Indonesia, hari dideklarasikannya kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Meski sejatinya Merdeka Atau Mati adalah pekikan penyemangat di antara para pejuang saat itu (mari berjuang dengan segala daya hingga mati demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia), frasa Merdeka Atau Mati juga dapat menjadi kalimat bijak pada arti yang berbeda. Salah satu makna lain dari sudut pandang yang berbeda terhadap Merdeka Atau Mati adalah Jika kita tidak merdeka maka kita akan mati dijajah oleh bangsa lain.
MERDEKA (dengan energi baru terbarukan) ATAOE MATI !!
Seperti yang tertulis pada kalimat di atas, pekikan yang mungkin relevan dengan kondisi Indonesia saat ini adalah “Merdeka (dengan Energi Baru dan Terbarukan) Ataoe Mati”.

Jika kita tidak merdeka dengan energi baru dan energi terbarukan, kita akan mati. Sumber Energi Fosil yang selama ini menjadi penopang kebutuhan energi kita adalah sumber energi yang akan habis persediaannya jika kita tidak dapat menemukan cadangannya yang baru.

Seperti yang sudah sering dibahas dan diajarkan di pelajaran ilmu pengetahuan alam, Minyak Bumi berasal dari hasil peruraian jasad renik hewan yang telah tertimbun di suatu daerah pada jangka waktu jutaan tahun. Sedangkan batu bara terbentuk dari endapan organik utamanya sisa-sisa tumbuhan sejak ratusan juta tahun yang lalu. Saat ini keduanya, bersama gas alam, merupakan penyuplai sumber energi primer terbesar di dunia.

Pemerintah Indonesia juga sadar jika kita tidak bisa bergantung selamanya dengan sumber energi fosil, selain karena keterbatasan ketersediannya, sumber energi fosil juga meninggalkan jejak yang kurang baik bagi Bumi.

Kita semua dapat bersepakat pada satu hal. Bahwa penggunaan energi baru dan terbarukan adalah keharusan agar kita selamat dari ancaman krisis energi yang akan terjadi. Bersepakat bahwa tanpa penggunaan energi baru dan terbarukan serta upaya efisiensi dan konservasi energi yang tepat dan cermat guna kita akan mati sengsara tanpa energi. Bersepakat bahwa… Merdeka (dengan energi baru terbarukan) atau mati !! (Ism)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button