Trending

Sepanjang 2020, Hutama Karya Optimalkan Program CSR Tepat Sasaran

Sepanjang 2020, Hutama Karya Optimalkan Program CSR Tepat Sasaran
Sumber foto: Pt Hutama Karya

Listrik Indonesia | Meski ditengah penurunan ekonomi dunia semenjak Covid-19 melanda, selama 365 hari PT Hutama Karya (Persero) atau Hutama Karya berhasil bertahan melalui masa-masa krisis ditengah situasi pandemi Covid-19 dengan berbagai terobosan baik dari sisi teknologi konstruksi, budaya kerja, optimalisasi QHSSE, hingga efisiensi HPP pada seluruh proyek yang sedang digarap.

Direktur Utama Hutama Karya Budi Harto menyampaikan bahwa meski sedang dihadapkan pada tekanan pandemi Covid-19 yang berdampak kepada hampir seluruh sektor industri baik nasional hingga internasional, perusahaan bersyukur masih dapat menjaga kinerja keuangan pada level yang cukup stabil.

“Kami optimis kinerja Hutama Karya akan terus bangkit seiring perolehan sejumlah kontrak baru. Kami juga telah memaksimalkan potensi human capital yang dimiliki oleh Hutama Karya. Tentu kami berharap, di tahun depan pandemi ini dapat segera berlalu, sehingga Hutama Karya siap menorehkan kembali kinerja maksimal seperti tahun-tahun sebelumnya,” terang Budi.

Pembangunan infrastruktur yang melesat dimasa pandemi ini diharapkan mampu memberikan multiplier effect yang dapat menjadi motor penggerak ekonomi bagi masyarakat ditengah situasi pandemi Covid-19. “Dampak jangka pendeknya adalah menciptakan lapangan kerja dan peningkatan konsumsi. Sementara dalam jangka panjang, infrastruktur yang terus kami bangun dapat mendorong sisi supply melalui peningkatan kapasitas produksi serta perbaikan arus barang dan jasa, sehingga tercipta efisiensi ekonomi,” tutup Budi.

Sepanjang tahun 2020, Hutama Karya telah menyalurkan lebih dari Rp10,5 Milyar untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) perusahaan yang digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan lingkungan sosial, hingga bantuan alat kesehatan dan kebutuhan pokok. Beberapa program unggulan CSR/PKBL Hutama Karya tersebut diantaranya Pembangunan Madrasah dan Tahfidz Al Ikram di Medan, Sumatera Utara tepatnya di sekitar lokasi Proyek Jalan Tol Trans Sumatera, Penyediaan Mobil Tangki Air Bersih di Pati Jawa Tengah, Penyediaan unit Mobil Ambulance di Langkat, Ogan Ilir, Cawang, dan Bekasi, hingga Elektrifikasi atau penyambungan instalasi listrik bagi masyarakat kurang mampu di Pangandaran.

Sebagai bentuk dukungan perusahaan yang besar dalam penanggulangan Covid-19, pos terbesar penyaluran CSR/PKBL Hutama Karya di tahun 2020 digunakan untuk penanggulangan dan pencegahan Covid-19, dimana perusahaan menggelontorkan Rp 6,3 Milyar lebih untuk membantu pencegahan dan penyebaran virus COVID-19 secara maksimal kepada masyarakat khususnya di lingkungan operasional bisnis perusahaan.

Tercatat hingga hari ini, Hutama Karya telah membagikan sebanyak lebih dari 687 ribu masker medis dan masker kain, 7 ribu lebih Alat Pelindung Diri (APD) dan Alat Kesehatan, 144 unit Sarana Cuci Tangan, 17 ribu liter Hand Sanitizer dan Hand Soap, 6 ribu liter cairan disinfektan beserta sprayer, serta ribuan paket sembako. Bantuan disalurkan ke berbagai daerah di sekitar wilayah kerja Hutama Karya antara lain sebagian besar Pulau Sumatera, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, dan daerah lainnya. Selain menyalurkan bantuan kepada para tenaga medis, Hutama Karya juga turut aktif memberdayakan dan membantu UMKM untuk tetap berproduksi dengan memesan masker kain hingga APD kepada mitra binaan Hutama Karya. (TS)

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button