NEWS
Trending

Sepanjang Ramadhan, PLN Jamin Ketersedian Pasokan Listrik

Sepanjang Ramadhan, PLN Jamin Ketersedian Pasokan Listrik
(Foto: ANTARA News)
Listrik Indonesia, Palu | PT PLN (Persero) Area Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), menjamin keamanan suplai listrik untuk daerah tersebut selama bulan Ramadhan. Sebab, semua pembangkit listrik yang ada di wilayah tersebut dalam kondisi normal.
 
Manager PLN Cabang Palu Emir Muhaimin mengatakan, jaringan kondisi baik terlebih lagi pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) sudah kembali normal akibat hantaman air banjir.
 
“Begitu juga jaringan dalam kondisi baik, termasuk jaringan interkoneksi dari PLTA Poso menuju Gardu Induk (GI) Sidera, Kabupaten Sigi, sudah kembali normal yang sebelumnya terputus karena sebuah tower Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) roboh akibat dihantam banjir di Poso,” ungkap Emir dikutip Antara di Palu, (13/05).
 
Menurutnya, jika tidak ada gangguan dan semua pembangkit beroperasi normal, sistem kelistrikan di Palu akan mengalami surplus daya sebesar 10 Megawatt (MW). “Meski surplus, namun masyarakat sebagai pelanggan PLN diharapkan tetap melakukan penghematan penggunaan listrik,” paparnya.
 
“Kami terus mendorong masyarakat untuk menggunakan listrik seperlunya,” sambung Emir. Lanjutnya, jika setiap pelanggan listrik bisa menghemat pemakaian listrik di rumahnya 100 watt saja, penghematan daya bisa mencapai puluhan Megawatt.
 
“Ini tentu sangat membantu PLN dalam menjaga stabilitas suplai daya, terutama pada saat beban puncak. Ini juga akan mengurangi beban biaya listrik keluarga,” terangnya.
 
Ia memprediksi seperti biasanya, penggunaan listrik selama bulan Ramadhan akan naik. Namun bila semua pelanggan berkomitmen untuk tidak mengoperasikan alat-alat yang menggunakan listrik yang begitu penting, maka stabilitas suplai daya akan tetap terjaga.
 
Oleh karena itu, Emir mengimbau kepada masyarakat untuk mulai menghemat penggunaan listrik untuk menekan biaya listrik rumah tangga dan ikut menjaga stabilitas suplai listrik oleh PLN.
 
Ia mengatakan, semakin meningkat penggunaan listrik, maka akan meningkatkan pendapatan perusahaan. Akan tetapi PLN tidak semata-mata hanya mencari keuntungan financial saja, melainkan bagaimana menyediakan listrik secara memadai untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga dan industri di daerah tersebut.
 
Selain itu, pihaknya juga akan memberikan sanksi bagi masyarakat yang melakukan tindakan tak terpuji seperti halnya pada kasus pencurian listrik. Petugas PLN turun lapangan dan bila menemukan adanya masyarakat yang mencuri listrik langsung ditindak tegas.  (RG)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button