NEWS
Trending

Sinergi Jadi Kunci Wujudkan Jakarta Smart City

Sinergi Jadi Kunci Wujudkan Jakarta Smart City
Listrik Indonesia | Jakarta - Sebagai dukungan untuk mewujudkan Jakarta sebagai kota pintar, PLN Disjaya dan Majalah Listrik Indonesia akan menghelat Electricity Forum dengan tema “Peluang dan Tantangan Membangun Kelistrikan Jakarta menuju Smart City” bersamaan dengan ajang penghargaan Indonesia Best Electricity Award di Assembly Hall Bidakara Hotel, 14 – 15 November yang akan datang.

Di acara seminar ini tampil sebagai keynote speech Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Untuk menyamakan persepsi dan memberikan masukan terkait dengan smart city, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Pemprov DKI, Oswar Mungkasa mengundang Dewan Juri IBEA dan Listrik Indonesia untuk melakukan diskusi terkait dengan kegiatan tersebut.

Dewan Juri IBEA, Dr.Ir Herman Darnel Ibrahim dalam kesempatan ini mengungkapkan bebbagai kegiatan yang telah dan akan dilakukan oleh Listrik Indonesia, yaitu perhelatan IBEA dan seminar yang akan mengundang gubernur DKI sebagai pembicara.

Sementara itu, Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, Oswar Mungkasa menyatakan untuk mewujudkan Jakarta menuju smart city  tidak bisa berjalan sendiri tetapi diperlukan sinergi.

Menurut dia, saat ini kebijakan untuk merealisasikan rencana ini tidak satu pintu melainkan dilakukan oleh masing-masing dinas terkait, sehingga hasilnya tidak maksimal.

“Makanya kami membuat grand design  yang hasilnya bisa diukur, Misalnya terkait dengan green building. Kami secara rutin melakukan pertemuan dengan pengelola gedung swasta dan dinas terkait untuk bisa merealisasikannya. Kendalanya adalah prilaku oarngnya yang masih sulit berubah, sehingga butuh sosialisasi yang agak lama untuk mewujudkannya,”kata Oswar.

Ditempat yang sama, GM PLN Disjaya, M.Ikhsan Asaad menjelaskan, untuk menjadikan  Jakarta menjadi kota yang indah dan nyaman diperlukan penataan kabel-kabel milik tv kabel maupun kabel telepon. Pihaknya menyarankan pemprov DKI membuat  ducting untuk jaringan kabel bawah tanah.

“Dengan adanya ducting maka keindahan kota dan keamanan kabel akan terjamin. Nanti PLN akan menyewa ducting tersebut,”jelas Ikhsan.

Diskusi diakhiri dengan kesepakan untuk membentuk group forum energi, dimana forum ini akan secara rutin bertemu untuk membahas program Langit Biru Jakarta, Jakarta Kian Benderang dan penggunaan Mobil listrik untuk mengurangi polusi CO2  bisa diwujudkan. (DH


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button