CORPORATION
Trending

Sinergi PLN dan Surveyor Indonesia Ciptakan Aplikasi e-PLN Kepabeanan

Sinergi PLN dan Surveyor Indonesia Ciptakan Aplikasi e-PLN Kepabeanan
Listrik Indonesia | Dalam pelaksanaan kegiatan kepabeanan di lingkungan PLN perlu adanya monitoring secara internal oleh PLN maupun audit yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bea Cukai secara periodik dua tahun sekali untuk memastikan pelaksanaan dan meningkatkan pengawasan agar pengelolaan kepabeanan (custom clearance) tepat waktu dan tepat biaya. Untuk mewujudkan hal tersebut, PLN dan PT Surveyor Indonesia bekerjasama membangun sistem informasi data kepabeanan di lingkungan PLN.

Aplikasi sistem informasi ini adalah e-PLN Kepabeanan yang menjadi sumber data, serta dashboard kegiatan kepabeanan yang memuat antara lain monitoring status kegiatan impor, administrasi kegiatan impor, monitoring pembayaran bea masuk dan pajak dalam rangka impor serta evaluasi atas unsur dan elemen yang terkait dengan proses bisnis kepabeanan di lingkungan PLN. Aplikasi ini dapat diakses melalui alamat www.e-plnkepabeanan.pln.co.id. 

Aplikasi ini diresmikan oleh Direktur Mega Project PLN Ikhsan Asaad dan Direktur Komersial 2 PT Surveyor Indonesia pada acara Online Launching e-PLN Kepabeanan melalui video konferensi Zoom, Selasa (21/7).

"Alhamdulillah aplikasi e-PLN Kepabeanan ini telah dirilis walaupun sempat terkendala dengan situasi pandemi seperti saat ini. Namun, tim telah bekerja dan bersinergi dengan baik sehingga aplikasi ini dapat segera diimplementasikan di lingkungan PLN. Aplikasi ini diciptakan untuk memberikan kemudahan dalam memonitor pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan kepabeanan secara terintegrasi," ujar Darwin dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Ikhsan menyampaikan bahwa transformasi akan mendorong PLN untuk terus berinovasi dengan melakukan digitalisasi pada setiap proses bisnis dan operasional agar PLN dapat bergerak lebih lincah dan gesit atau dengan kata lain, ”Lean”, yang merupakan salah satu fokus utama dalam strategi transformasi PLN.

Menurutnya, salah satu langkah awal dalam mendukung digitalisasi proses bisnis PLN dimaksud adalah melalui pembangunan Aplikasi E-PLN Kepabeanan yang diinisiasi oleh Divisi Project Management Office dan Divisi Sistem dan Teknologi Informasi. 

"Adanya aplikasi e-PLN Kepabeanan ini diharapkan proses, data dan dokumen administrasi kepabeanan yang selama ini terpisah dan tersebar di Unit PLN seluruh Indonesia dapat lebih mudah dan lebih cepat diintegrasikan serta dapat dilakukan monitoring secara terpusat," ujar Ikhsan.

"Hadirnya Aplikasi E-PLN Kepabeanan ini tentunya tidak terlepas dari adanya kerja sama dan sinergi yang baik antara PLN dan PT Surveyor Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada PT Surveyor Indonesia yang telah menjadi mitra PLN dalam mewujudkan aplikasi ini," pungkas Ikhsan.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button