Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS
Trending

Sky Energy Siap Suplai Panel Surya ke Proyek PLTS Terapung Cirata

Sky Energy Siap Suplai Panel Surya ke Proyek PLTS Terapung Cirata

Listrik Indonesia | Pemerintah mendorong pemanfaatan energi surya melalui pembangunan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk memenuhi target bauran energi baru dan terbarukan (EBT) sebanyak 23% dari konsumsi energi nasional hingga tahun 2025. Sejumlah perusahaan swasta telah menyatakan dukungannya untuk menyukseskan target tersebut.

PT Sky Energy Indonesia Tbk. (JSKY) siap menyediakan panel surya dan teknologi pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) untuk mendukung program pemerintah dalam memasifkan energi matahari.

Corporate Secretary JSKY Firsky Kurniawan menegaskan, JSKY siap berkontribusi untuk penerapan teknologi PLTS terapung Bifacial di berbagai proyek yang sedang direncanakan pemerintah. Teknologi PLTS Terapung Bifacial dinilai cocok dibangun di atas dam dan waduk seperti rencana pembangunan PLTS Cirata, di Jawa Barat.

"Saat ini, JSKY mempunyai pabrik produksi panel surya sendiri, dan sedang melakukan perluasan pabrik di Cisalak, Bogor," ujar Firsky dalam keterangan tertulisnya, Senin (28/9/2020).

PLTS Terapung Cirata akan dikerjakan oleh Masdar dan PJB.

Pemerintah melalui PT PLN (Persero) berencana membangun PLTS Terapung alias floating PV power plant berkapasitas hingga 145 Megawatt (MW) di Waduk Cirata, Jawa Barat. Proyek yang rencananya akan dimulai awal 2021 itu dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik PLN yang terus meningkat.

"Sebagai perusahaan anak bangsa, JSKY sudah siap berkontribusi pada proyek tersebut dengan dukungan kemampuan produksi solar panel double glass dan teknik pengapungan. Bahkan, Solar panel produksi kami sudah mendapatkan sertifikasi produk nasional ataupun internasional," kata Firsky.

Perusahaan yang merupakan pioneer teknologi panel surya di Indonesia itu juga berkomitmen mendukung program kerja pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk mengembangkan PLTS di seluruh wilayah Indonesia. "Kami siap mendukung program pemerintah untuk mengembangkan pemanfaatan energi surya melalui PLTS," ujar Firsky.
 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button