Sukses Digelar, Teknis Pasokan Listrik Formula E: UPS, Gardu Bergerak, dan Personel Khusus dari PLN

Sukses Digelar, Teknis Pasokan Listrik Formula E: UPS, Gardu Bergerak, dan Personel Khusus dari PLN
Listrik Indonesia | PT PLN (Persero) telah berhasil menyediakan pasokan listrik yang handal selama ajang balap Formula E yang berlangsung di Sirkuit Internasional Jakarta E-Prix (JIEC). Dalam pengawasan langsung dari Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, keamanan kelistrikan untuk acara bertaraf internasional yang berlangsung pada tanggal 3-4 Juni 2023 ini dapat terpantau dengan baik.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, mengungkapkan komitmen penuh PLN dalam mensukseskan gelaran Formula E 2023, yang sekaligus membuktikan kapasitas perusahaan dalam menyediakan pasokan listrik untuk acara bertaraf internasional. Untuk acara skala besar seperti Formula E, PLN menerapkan standar "zero down time" atau tanpa gangguan dengan pasokan listrik yang stabil.

"PLN selalu siap mendukung acara skala nasional maupun internasional dengan pasokan listrik yang cukup dan tanpa gangguan. Kami memiliki pengalaman yang sangat baik dalam hal ini, seperti saat KTT G20 di Bali, KTT ASEAN di Labuan Bajo, dan MotoGP di Mandalika, NTB," ungkap Darmawan.

Total daya listrik yang disediakan oleh PLN selama acara tersebut mencapai 3.876 kilo Volt Ampere (kVA). Pasokan listrik selama acara berlangsung stabil berkat enam subsistem dengan total kapasitas sebesar 8.848 Megawatt (MW).

"Dengan kondisi ini, selain Formula E 2023, pasokan listrik yang kami operasikan juga dapat memenuhi kebutuhan acara-acara besar di Jakarta. Selain itu, penambahan pasokan listrik yang stabil membuat kelistrikan semakin handal," ucap Darmawan.

Doddy B. Pangaribuan, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, menjelaskan dari sisi teknis, PLN menggunakan tiga unit Uninterruptible Power Supply (UPS) Mobile dengan masing-masing kapasitas 500 kiloVolt Ampere (kVA), tiga unit Gardu Bergerak (UGB) dengan kapasitas masing-masing 1.000 kVA, dua unit UGB dengan kapasitas masing-masing 630 kVA, dan satu unit UGB dengan kapasitas 400 kVA. PLN juga menempatkan 52 personel khusus yang siaga menjaga keandalan pasokan listrik selama acara balap berlangsung.

"Untuk mempermudah mobilitas, kami memberikan mereka tiga unit motor listrik," ujarnya.

Doddy juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terkait yang bekerja sama dengan PLN, terutama dalam hal persiapan dan pengamanan infrastruktur kelistrikan untuk ajang Formula E Jakarta 2023.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang sangat kooperatif dalam membantu PLN dalam menyiapkan segala infrastruktur kelistrikan untuk ajang balap internasional Formula E 2023 ini. Termasuk dukungan yang diberikan oleh masyarakat sehingga acara prestisius ini dapat berjalan dengan lancar dan meriah," pungkas Doddy.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index