Renewable Energy ENERGY PRIMER MEGA PROJECT NEWS
Trending

Tahun 2021 Government Drilling Dilaksanakan di 3 WKP

Tahun 2021 Government Drilling Dilaksanakan di 3 WKP

Listrik Indonesia | Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana melakukan program Government Drilling/ eksplorasi di tiga lokasi wilayah kerja panas bumi (WKP).

Kepala Badan Geologi Kementerian ESDM Eko Budi Lelono mengatakan pengeboran eksplorasi panas bumi ini dilakukan dalam rangka untuk menyediakan data wilayah kerja panas bumi yang lebih akurat sebelum ditawarkan kepada badan usaha.

Adapaun ketiga lokasi tersebut adalah WKP Cisolok Cisukarame di Jawa Barat, WKP Bituang di Sulawesi Selatan, dan WKP Nage di Nusa Tenggara Timur.

“Tahun depan rencana akan melakukan pengeboran di tiga lokasi sehingga diharapkan nanti datanya lebih lengkap dan bisa menarik investor untuk melakukan kegiatan di sana," ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Senin lalu.

Demi meningkatkan kualitas data WKP tersebut, Kementerian ESDM akan melakukan pengeboran eksplorasi masing-masing dua sumur dengan diameter kecil (slim hole). Tahapan eksplorasi merupakan tahapan dengan tingkat risiko kegagalan paling besar. Pengeboran eksplorasi oleh pemerintah (government drilling) diharapkan dapat meningkatkan minat investor dalam mengembangkan panas bumi.

Alasannya faktor risiko kegagalan dalam eksplorasi panas bumi telah ditanggung oleh pemerintah, sehingga mampu membuat harga listrik dari panas bumi lebih kompetitif.

"Kalau berhasil mudah-mudahan bisa mengurangi harga listrik yang dihasilkan," katanya. (Cr)

 

 

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button