NEWS
Trending

Target 10.400 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi pada 2030

Target 10.400 Bus Listrik Transjakarta Beroperasi pada 2030
Bus PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang masih berbagai BBG [Foto: Ridwan Ewako - LISTRIK INDONESIA]

Listrik Indonesia - Pada 2030, sebanyak 10.400 unit bus umum yang dioperasikan PT Transportasi Jakarta merupakan kendaraan listrik. Target ini ditetapkan sebagai wujud komitmen Trans Jakarta turut mendukung upaya penanggulangan polusi dan emisi karbon di Ibu Kota Indonesia.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengungkapkan hal tersebut pada agenda Kick off Meeting: Indonesia-UK PACT (Partnering for Accelerated Climate Transitions).

Program kerja sama mempercepat pengurangan emisi karbon di Indonesia itu digelar Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) dan Kedutaan Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste secara virtual, Selasa, 9 Maret 2021. 

Sardjono menjelaskan sebagai perusahaan transportasi umum, Transjakarta mendukung sepenuhnya program Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota (Pemprov DKI) Jakarta mengurangi emisi karbon dan kasus polusi umumnya. 

Salah satu caranya, yaitu mengalihkan kendaraan bermotor atau bus yang selama ini berbahan bakar fosil (solar dan premium) ke bahan bahan energi baru terbarukan (EBT).

BACA JUGA: Inka Tawarkan Transjakarta Gunakan Bus Listrik Buatannya

Seluruh armada, sebanyak 10.400 unit bus, berbahan bakar listrik pada 2030. Waktu perubahan ini dijadikan acuan karena di Jakarta terdapat aturan usia maksimum kendaraan yang beroperasi adalah 10 tahun. 

Dengan demikian, lanjut Sardjono, setiap operator yang bergabung dalam manajemen Transjakarta mulai 2029 berhenti membeli bus berbahan bakar solar. "Itu sebabnya sejak 2021 ini kami secara bertahap melakukan perubahan itu," katanya.

Sebagai langkah awal, pada 2021 ini Transjakarta akan mengoperasikan 100 unit bus listrik. Sebanyak 30 unit di antaranya dijadwalkan beroperasi tepat saat ulang tahun DKI Jakarta pada Juni mendatang.

BACA JUGA: Tiga Bulan Diujicobakan, Transjakarta Hentikan Operasional Bus Listrik

Transjakarta sudah melakukan sejumlah uji coba pengoperasian bus listrik. Guna sukses program, Bos Transjakarta meminta pemerintah memberikan insentif dan kebijakan-kebijakan yang mendukung penggunaan bus listrik dimaksud.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo pada kesempatan yang sama menegaskan pemakaian bus listrik bakal meningkatkan modal share pengguna angkutan umum.

Mengoperasikan angkutan umum ramah lingkungan dipakstikan mendongkrak jumlah pengguna kendaraan umum. Dengan demikian pengguna kendaraan pribadi beralih kendaraan umum. 

"Tentu saja itu akan mengurangi kemacetan dan emisi kendaraan bermotor," Syafrin menambahkan. (RE)


 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button