NEWS
Trending

TELAH TERBIT EDISI 79 DOUBLE COVER: Mengupas Problematik TKDN dari Helicopter View

TELAH TERBIT EDISI 79 DOUBLE COVER: Mengupas Problematik TKDN dari Helicopter View
Listrik Indonesia | Majalah Listrik Indonesia Edisi 79 telah terbit dengan tema atau Fokus Utama tentang Problematik Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).
 
Listrik Indonesia mengangkat tema ini karena kondisi di lapangan sangat kompleks terkait dengan TKDN. Terutama kewajiban TKDN dalam proses pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintahan dan badan usaha milik negara (BUMD), badan usaha milik daerah (BUMD), serta pemerintah daerah.
 
Supplier terkadang harus menghadapi dilema antara tuntutan TKDN dan harga keekonomian. Sebagai contoh, mereka harus memenuhi porsi konten lokal untuk bisa mengikuti tender tersebut, tetapi berkonsekuensi dengan harga produk yang terkadang lebih mahal. Bahkan, terkadang kualitas produk kurang memuaskan. Dilema semacam ini tentu menjadi problematik yang sangat fundamental.
 
Di sisi lain, pemerintah juga tidak asal dalam menetapkan TKDN, karena bertujuan untuk menyejahterakan rakyat Indonesia melalui penyerapan produk lokal daripada harus menggunakan produk impor.
 
Sementara itu, pabrikan seharusnya terus melakukan pembenahan menyeluruh dan komprehensif untuk terus meningkatkan kualitas dan efisiensi produk sehingga bisa berdaya saing dan lebih unggul dibandingkan dengan produk impor. Setelah kondisi ini terbentuk, tanpa ada aturan TKDN pun, supplier atau konsumen akan memilih produk lokal karena lebih unggul dan lebih kompetitif.
 
Dari sisi hilir, pemerintah perlu membuat regulasi yang bisa membatasi produk impor, misalnya standardisasi nasional Indonesia (SNI) dan ketentuan lain yang bisa menghambat produk impor.
 
Kolaborasi antara pemerintah, pabrikan/produsen, konsumen, dan supplier untuk menghasilkan produk berdaya saing tinggi. Tentu semuanya harus dimulai dari riset dan pengembangan (research and development/R&D) untuk menghasilkan inovasi. Inovasi ini yang akan mampu membuat produk kita lebih unggul.
"Kami berupaya maksimal untuk menyajikan konten tentang TKDN secara komprehensif agar bisa menjadi rujukan bagi semua stakeholder. Semoga Edisi 79 bisa menjadi informasi yang bermanfaat bagi para pembaca, terutama stakeholder yang terkait dengan kebijakan TKDN. Kami membahas TKDN dari cara pandang helicopter view [komprehensif dari berbagai sudut pandang] baik dari sisi regulator, pabrikan, supplier, maupun BUMN. Selamat membaca," ujar Managing Director Listrik Indonesia Irwadhi Marzuki, Selasa (8/7).
 
Di Edisi 79 ini terbit dengan edisi spesial, yaitu Double Cover dari 2 tokoh nasional. Cover 1: Dr. Ir. Herman Darnel Ibrahim, M.Sc., Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) memaparkan pemikirannya tentang BUMN Energi Terbarukan untuk Mengawal Transisi Energi. Beliau mengkritisi beberapa BUMN saat ini yang mengurus Energi Terbarukan. Oleh sebab itu, Herman Darnel mengusulkan sebuah pemikiran agar dibentuk 1 BUMN khusus yang bertugas mengawal transisi energi bersih (green energy), terutama geothermal yang menghadapi berbagai tantangan dan energi surya yang sangat melimpah.
 
Sementara itu, Cover 2: Kepala BPPT Dr. Ir. Hammam Riza, M.Sc. IPU. yang concern terhadap peningkatan penggunaan produk dalam negeri (P3DN). Beliau memaparkan berbagai strategi BPPT dalam mendorong TKDN. Riset dan Teknologi menjadi panglima dalam mendorong TKDN. Kami juga mengangkat Fokus Utama tentang problematik TKDN di Tanah Air.
 
Para stakeholder terkait seperti Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B.Panjaitan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Guwimang Kartasasmita, Menteri Perdagangan M.Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri BUMN Erick Thohir. Selain itu, Dirut PLN Zulkifli Zaini, Direktur Mega Project & EBT PLN M. Ikhsan Asaad, dan perusahaan ketenagalistrikan.
 
Selain itu rubrik-rubrik menarik lainnya, seperti Voice of BOD Direktur Utama Sucofindo Bachder Djohan Budin, Suara Pakar Komut PT Pertamina Patra Niaga, Lensa Daerah diisi GM PLN UIW Aceh Abdul Mukhlis, Rubrik Sorot yang membahas problematik TKDN. Selamat menikmati sajian dari kami...

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button