Telkomsel Gandeng Volta, Hadirkan Program Bundling Motor Listrik Bernilai Tambah

Telkomsel Gandeng Volta, Hadirkan Program Bundling Motor Listrik Bernilai Tambah
Dok. Telkomsel

 

Listrik Indonesia | Telkomsel sebagai leading digital telco company di Indonesia yang memiliki fokus untuk selalu menerapkan proses bisnis perusahaan secara berkelanjutan yang mengacu pada asas Environment, Social, dan Governance (ESG) kembali menegaskan komitmennya dengan melanjutkan peran terdepannya dalam mendukung pengurangan dampak pemanasan global yang diakibatkan dari tingginya konsumsi emisi karbon.

 

Melalui keberlanjutan inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) Telkomsel Jaga Bumi, Telkomsel menggandeng Volta, anak usaha PT NFC Indonesia Tbk (NFCX), member dari Grup PT M Cash Integrasi Tbk (MCAS), yang merupakan produsen motor listrik terkemuka di Indonesia untuk membantu mengurangi emisi karbon di Indonesia dengan menghadirkan program bundling Motor Listrik Volta dengan paket kuota data guna mendorong adopsi penggunaan kendaraan listrik yang ramah lingkungan, hemat, efisien, dan bernilai tambah bagi masyarakat.

 

Direktur Sales Telkomsel, Adiwinahyu Basuki Sigit mengatakan, "Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan polusi udara di Indonesia, inisiatif ini merupakan salah satu upaya konkret Telkomsel untuk berkontribusi melindungi lingkungan hidup dan juga mendukung dalam mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan bahan bakar fosil. Telkomsel sangat bangga dapat berkolaborasi dengan Volta dalam upaya bersama untuk menjaga bumi dan mengurangi emisi karbon di Indonesia. Berdasarkan data yang disampaikan Kementerian ESDM RI, untuk penggunaan 900 ribu unit motor pada tahun 2025 dapat menekan BBM 0,32 juta KL/tahun dan penurunan emisi CO2 0,61 juta ton/tahun[1]. Kami berharap upaya kolaboratif yang berkelanjutan ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan melalui pemanfaatan teknologi yang ramah lingkungan dan hemat energi, serta berkontribusi dalam mendukung Indonesia untuk mencapai target pengurangan emisi karbon di tahun 2030 mendatang.”

 

Chief Executive Officer Volta, Iwan Suryaputra menegaskan, Volta siap berkontribusi dalam upaya kolaboratif bersama Telkomsel. “Volta mendukung penuh inisiatif Jaga Bumi yang diusung Telkomsel. Melalui beragam inovasi, kolaborasi, dan kerja sama bersama Telkomsel, kami berkomitmen dalam membantu Indonesia dalam upaya mengurangi emisi.

 

Dengan program bundling bersama Telkomsel, diharapkan jutaan pelanggan Telkomsel serta masyarakat luas dapat beralih ke motor listrik. Langkah ini akan mengakselerasi pengurangan emisi di sektor transportasi dan memperbaiki kualitas lingkungan. Kontribusi bersama dalam menjaga bumi tentunya akan mewujudkan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan.”

 

Melalui upaya kolaboratif ini, Telkomsel menghadirkan program bundling produk bersama Volta, di mana setiap pelanggan dan masyarakat yang membeli Motor Listrik Volta lite dengan baterai tambahan akan mendapatkan paket kuota data 1 GB/ bulan selama 6 bulan setelah proses aktivasi pembelian.

 

Selain itu, bagi pelanggan dan masyarakat, khususnya para pekerja informal yang berprofesi ojek online dan pekerja logistik pengiriman barang yang menyewa Motor Listrik Volta dengan branding Telkomsel Jaga Bumi bisa mendapatkan paket kuota data mulai dari 800 MB hingga 2 GB. Dengan begitu, Telkomsel dan Volta berharap akan semakin mendorong masyarakat terutama pelanggan setia Telkomsel untuk mulai beralih menggunakan kendaraan listrik yang ramah lingkungan.

 

Telkomsel Jaga Bumi merupakan sebuah inisiatif tanggung jawab sosial perusahaan yang menggerakkan perubahan di Indonesia. Dengan fokus menghadirkan dampak positif terhadap lingkungan secara berkelanjutan, Telkomsel Jaga Bumi mengimplementasi beberapa program yang berhubungan erat dengan proses implementasi prinsip berkelanjutan ESG yang telah dimulai sejak 2022.

 

Sejumlah program inisasi Telkomsel Jaga Bumi yang telah berjalan saat ini antara lain, Program Waste Management yang berkolaborasi dengan PlusTik untuk mendaur ulang kemasan kartu perdana dan cangkang kartu SIM berbahan dasar plastik hingga menjadi produk reusable dan sustainable.

 

Program Carbon Offset bersama Jejak.in, di mana pelanggan dapat menukar Telkomsel Poin mereka menjadi kontribusi setara dengan sebatang pohon untuk mengimbangi jejak karbon (carbon footprint) yang timbul sebagai konsekuensi aktivitas manusia sehari-hari. Program Digitalization Support di ekosistem hutan bakau (mangrove) Tahura Ngurah Rai yang bekerja sama dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi Bali, untuk melindungi serta mengawasi ekosistem hutan bakau (mangrove) melalui pemanfaatan teknologi Internet-of-Things (IoT).

 

Volta sendiri merupakan produsen motor listrik terkemuka yang senantiasa mengiringi pengembangan setiap produk dengan inovasi teknologi Internet of Things (IoT) terdepan, membuat Motor Listrik Volta terintegrasi dengan aplikasi.

 

Kehadiran Volta didukung infrastruktur yang masif, yaitu stasiun Sistem Ganti Baterai (SGB) yang sudah tersebar di 245 titik lokasi di seluruh Indonesia yang memudahkan setiap penggunanya dalam berkendara tanpa merasa takut kehabisan baterai. Terlebih lagi Volta juga mendapat dukungan insentif dari pemerintah dengan TKDN yang mencapai 47,36%, di mana masyarakat dapat memiliki Motor Listrik Volta dengan harga yang semakin terjangkau. (*)
 

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index