Trending

Tenang, Pertamina Masih Sediakan BBM Jenis Premium di 2021

Tenang, Pertamina Masih Sediakan BBM Jenis Premium di 2021

Listrik Indonesia | Pemerintah masih memberikan penugasan kepada PT Pertamina (Persero) untuk mendistribusikan bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dengan kandungan oktan (research octane number/RON) 88 di Indonesia baik di Jawa maupun luar Jawa pada 2021.

Sebelumnya, sempat beredar isu bahwa BBM jenis Premium di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) akan dihapus pada tahun depan.

BBM dengan kandungan RON 88 itu kebih dikenal BBM rakyat karena harganya relative murah. Namun, dengan kandungan RON paling rendah, yaitu 88, BBM dengan merek dagang Premium itu dianggap tidak ramah lingkungan karena menyebabkan polusi udara.

Kepastian soal Premium masih dijual pada 2021 itu terungkap dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) yang telah menetapkan kuota penyaluran Premium sebesar 10 juta kilo liter (kl) oleh Pertamina pada 2021.

Direktur BBM BPH Migas Patuan Alfon Simanjuntak menjelaskan selain mendapatkan kuota penyaluran BBM bersubsidi seperti solar dan minyak tanah atau istilahnya Jenis BBM Tertentu (JBT). Pertamina juga akan menyalurkan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) yakni Premium RON 88.

Namun demikian, kuota Premium sebanyak 10 juta kl pada tahun depan itu menurutnya bisa berpotensi dikurangi karena Pertamina menjalankan Program Langit Biru.

Seperti diketahui, Program Langit Biru yang dijalankan Pertamina ini berupa pemberian harga khusus BBM dengan nilai oktan lebih tinggi yaitu Pertalite menjadi seharga Premium atau sekitar Rp 6.450 per liter. Hal ini menjadi salah satu upaya perseroan untuk mengedukasi masyarakat agar beralih ke BBM yang lebih ramah lingkungan.

"Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau BBM Penugasan diputuskan dalam sidang komite sebesar 10 juta kl. Namun ada Program Langit Biru Pertamina, sehingga ada usulan dari Pertamina untuk dikurangi," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (21/12/2020).

BPH Migas kembali menetapkan dua Badan Usaha Niaga BBM yaitu Pertamina dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) sebagai perusahaan penyalur kuota Jenis BBM tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi berupa solar dan minyak tanah pada 2021 mendatang.

Pertamina akan menyalurkan 15.580.040 kl solar, 500.000 kl minyak tanah, dan 10.000.000 kl Premium, sementara AKR Corporindo akan menyalurkan 219.960 kl solar bersubsidi pada 2021.


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button