AGENDA
Trending

Terkejut, Bayar Kewajiban Malah Diapresiasi

Terkejut, Bayar Kewajiban Malah Diapresiasi
Listrik Indonesia | Yuni, salah satu pelanggan PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya merasa terkejut atas apresiasi yang diberikan karena ketaatannya menjalankan kewajiban membayar tagihan listrik setiap bulan. Apresiasi yang diberikan PLN dalam program Pelanggan Terbaik (Tertib Bayar Listrik) ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pelanggan Nasional di tahun 2021. 

General Manager PLN UID Jakarta Raya, Doddy B. Pangaribuan memberikan apresiasi secara langsung kepada Yuni sebagai satu diantara 320 pelanggan yang mendapat apresiasi dalam program Pelanggan Terbaik, pada Rabu (15/9). Bertempat di kantor PLN UID Jakarta Raya di Gambir, Yuni menerima apresiasi berupa sepeda listrik karena telah melaksanakan kewajibannya membayar listrik tepat waktu setiap bulan. 

“Surprise karena sebenernya membayar listrik itu kan adalah kewajiban, tapi kewajiban kita ini, ketaatan pada kewajiban kita ini diapresiasi oleh PLN. Terima kasih untuk apresiasinya,” ungkap Yuni saat menerima apresiasi. 

Doddy mengungkapkan bahwa PLN mengucapkan terima kasih atas keteladanan pelanggan yang menjadi Pelanggan Terbaik dengan membayar listrik setiap bulan dengan tertib dan di awal waktu. 

“Ini contoh pelanggan teladan, contoh pelanggan terbaik yang tertib membayar listrik yah bahkan ini tadi testimoninya terkejut juga ‘loh saya sudah bayar kewajiban saya kok diapresiasi’ nah semoga ini bisa memberikan inspirasi meberikan semangat yang sama kepada pelanggan-pelanggan yang lain,” kata Doddy. 

Apresiasi kepada pelanggan yang tertib membayar listrik ini rutin dilakukan PLN untuk lebih memberikan semangat dalam hal pembayaran listrik di awal waktu. PLN melihat catatan pembayaran pelanggan setiap bulan untuk menentukan pelanggan yang mendapat apresiasi. Unsur penilaiannya yaitu ketertiban membayar listrik dan dilakukan awal bulan selama periode Januari sd Agustus 2021 

Yuni memanfaatkan fitur catat meter mandiri di aplikasi PLN Mobile untuk melakukan input penggunaan listrik setiap bulannya. Sebagai bukti, Yuni juga melakukan pemotretan kWh meter. Cara ini tentunya agar perhitungan listrik lebih akurat dan mengutamakan physical distancing di masa pandemi ini karena petugas PLN tidak perlu datang ke rumah untuk mencatat meter. 

“Setiap bulan di keluarga kami terbiasa untuk memakai PLN Mobile. Karena PLN Mobile ini sangat membantu, setiap tanggal 24 kami melakukan pe-record-an dengan memfoto meteran kami kemudian di-upload di PLN Mobile dan tiap tanggal 1 itu otomatis akan keluar tagihannya keluar dengan akurat karena berdasarkan foto yang kami kirimkan ke aplikasi tersebut,” tambah Yuni. 

Pembayaran rekening listrik juga bisa dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile. Selain itu, pelanggan bisa mengetahui riwayat pemakaian dan pembayaran listriknya lewat aplikasi ini. Bagi pelanggan listrik prabayar, token listrik juga bisa dbeli. 

Tidak hanya Yuni saja yang mendapat apresiasi. Sebanyak 16 Pelanggan Terbaik diberi apresiasi secara simbolis, serentak di 16 unit PLN yang masuk wilayah kerja PLN UID Jakarta Raya. Sedangkan 304 Pelanggan Terbaik lainnya diberikan dalam kesempatan selanjutnya. Apresiasi yang diterima oleh Pelanggan Terbaik juga bervariasi berdasarkan urutannya. 

Doddy juga memberikan pesan kepada pelanggan PLN untuk membayar listrik dengan tertib dan di awal bulan. Batas akhir pembayaran listrik adalah tanggal 20 setiap bulannya dimana pembayaran listrik bulan berjalan merupakan pemakaian listrik bulan lalu. Tagihan rekening listrik layak menjadi prioritas pengeluaran setiap bulannya karena listrik sudah menjadi faktor penting dalam menunjang kehidupan masyarakat saat ini. 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button