AGENDA Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS PROFILE
Trending

Terpilih Menjadi Ketua OC, Mada Optimistis Gelar Indosolar Expo 2023


Listrik Indonesia | Dalam rangka mengakselerasi pengembangan energi baru terbarukan (EBT) Pemerintah terus mendorong partisipasi dari pelaku usaha di sektor EBT. Pemerintah sendiri mematok bauran energi nasional sebesar 23% pada tahun 2025 dan terus berupaya mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Guna mencapai sejumlah target itu, program pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap secara masif jadi perhatian khusus. Baik pada sektor rumah tangga, ekowisata, sektor industri maupun bangunan komersial dan sosial.

Sejalan dengan momentum tersebut, Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI), siang tadi secara resmi membentuk panitia Indosolar Expo 2023 (In Conjuction with ASEAN Solar Summit). Terpilih sebagai Ketua Organizing Committe Indosolar Expo 2023 adalah Mada Ayu Habsari.

Dengan mulai terbentuknya Organizing Committe Indosolar Expo 2023 tersebut, Mada berharap bahwa ini akan menjadi kebangkitan dari industri PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) di Indonesia. “Indonesia memiliki potensi energi surya di Indonesia yang luar biasa besar. Rasanya sayang sekali jika PLTS belum dimanfaatkan secara maksimal,” terang Managing Director PT Enertec Mitra Solusi.



Ia juga menambahkan bahwa dengan adanya event Indosolar Expo 2023 yang akan digelar pada 19-23 Juni 2023  ini, pihaknya akan memberikan semacam awareness kepada masyarakat secara luas dan juga kepada praktisi bahwa saat ini Pemerintah mendukung untuk peningktan pemasangan solar panel. Baik solar rooftop maupun ground mounted (pasang di tanah). “Kami juga berharap bahwa dengan adanya summit ini, akan menjadikan satu hal yang positif bagi semua pihak, mengingat industri energi surya memiliki stakeholder-nya.

Lantas apa yang diharapkan dengan adanya ASEAN Summit pada Indosolar Expo 2023 ini? Menurutnya, AESI melihat bahwa di negara-negara tetangga khususnya negara ASEAN pencapaiannya sudah melebihi Indonesia dari sisi pemasangan PLTS. “Itu artinya kita bisa meniru mereka, apa yang jadi target mereka dan bagaimana untuk melakukan akselerasi dari program-program tersebut kita perlu diskusikan bersama,” terang Wakil Ketua Umum AESI. 

Berbeda dengan pameran Indosolar sebelumnya, Mada mengatakan bahwa kali ini pihaknya begitu optimistis dengan adanya sinyal kuat dari Pemerintah dalam mendukung program akselerasi PLTS  terutama melalui regulasi yang mendukung PLTS.

“Kami mendapat kabar baik bahwa kemarin sudah ada recana revisi dari Permen terkait PLTS dan itu yang membuat “darah” kami terisi lagi, jadi orang-orang semangat lagi. Itu yang jadi pembeda utamanya,” ucapnya semangat.

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button