Trending

TIC Institute dan FIA UI Hadirkan Webinar Transformasi Digitalisasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

TIC Institute dan FIA UI Hadirkan Webinar Transformasi Digitalisasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19

Listrik Indonesia | Dalam rangka mendukung “Kebijakan Kampus, Merdeka”, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia bekerja sama dengan BUMN Klaster Jasa Survey menyelenggarakan Webinar Kualiah Umum dengan tema “Transformasi Digitalisasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19”,  pada hari Selasa, 29 Desember 2020.

Bisnis digial memiliki berbagai macam makna yang selalu bergeser. Dalam dekade akhir 1990-an dan awal 2000-an bisnis digital selalu dikaitkan dengan teknologi internet. Artinya, transformasi menuju bisnis digital dapat dimaknai sebagai perubahan fundamental, dari kunci-kunci rantai kinerja tradisional menuju kinerja baru yang sifatnya dinamis dan sangat menghargai jejaring sebagai bagian dari adanya disrupsi digital.

Transfomasi bisnis digital melibatkan integrasi, otomasi, dan kepanjangan proses, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Dengan kata lain, proses ini melibatlan banyak kemitraan sebagai bagian dari desentraliasi dalam bentuk memberikan kepercayaan kepada para pegawai dalam mengelola informasi, mengalihdayakan kinerja tertentu pada mitra strategis dan pemangku kepentingan lainnya, serta melibatkan konsumen dalam menjalankan perusahaan.

Saat pandemi Covid-19, transformasi bisnis dgital menawarkan kesempatan untuk menganalisis dan memperbaiki keseluruhan bisnis, yaitu operasional, proses, dan prosedur kinerja, termasuk para mitra strategis. Ini memberikan kesempatan terbuka untuk merekayasa ulang perusahaan.

Acara Webinar dibuka dengan sambutan Dr. Ir. Rudiyanto Dip., ISM, MIIRSM, MM., MBA. (Direktur Utama PT. Biro Klasifikasi Indonesia), dan Prof. Dr. Eko Prasojo, Mag.rer.publ. (Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia). Narasumber webinar terdiri dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi da Informatika RI Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc, Direktur Komersial I PT Sucofindo (Persero)Herliana Dewi, S.T., M.Si., dan Dosen dan Peneliti Pascasarjana FIA UI Dr. Rachma Fitriati, M.Si., M.Si (HAN) sebagai moderator.

Dalam kata sambutannya, Rudiyanto mengatakan, kita dipaksakan untuk melihat peluang, baik dari sisi teknis dan pelayanan dalam kegiatan-kegiatan untuk membina dengan para klien dan stakeholder. “Dari data, pandemi meningkatkan bisnis TIC . Oleh karena itu, kami melihat dari sisi lan, bagaimana dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan usaha di masa pandemi,” kata dia.

Saat membuka kuliah umum ini, Eko Prasojo, menyampaikan apresiasi atas kolaborasi TIC Institute dengan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) Universitas Indonesia dengan menggelar Kuliah Umum yang mengambil tema “Transformasi Digitalisasi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19”, ini merupakan webinar kedua yang digelar.

“Saat pandemi Covid-19, banyak perubahan yang terjadi. Ada dua megatrend yang dialami oleh kita saat ini, yaitu digital era dan technology convergence. Digital era membuat membuat semua semakin terbuka batasnya, tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi. Technology convergence ditandai dengan ersatunya berbagai teknologi maju, seperti robotic, IoT, nano-technology, dan bio technology,” ujar Eko.

Lanjut dia, technology convergence membawa perubahan yang fundamental, baik dari sisi kehidupan pribadi maupun interaksi masyarakat. “Hal ini yang menyebabkan, banyak perubahan-perubahan yang dipaksakan dan harus kita adaptasi. Selanjutnya, ini akan bertemu dengan megatrend ketiga yaitu globalisasi dan megatrend lain, seperti kerusakan lingkungan, perubahan iklim, dan sebagainya,” imbuh Eko. (TS)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button