Renewable Energy ENERGY PRIMER MEGA PROJECT Power Plant NEWS
Trending

Tidak Mau Kalah dari Indonesia, India Bikin Megaproyek Energi

Tidak Mau Kalah dari Indonesia, India Bikin Megaproyek Energi

Listrik Indonesia | Kalau Indonesia punya megaproyek ketenagalistrikan 35.000 megawatt atau 35 gigawatt (GW). India juga bakal punya proyek yang sama dengan kapasitas 30 GW.

India tengah mencanangkan proyek pembangunan taman energi terbarukan akan dilakukan di India. Perdana Menteri India, Narendra Modi mengatakan bahwa ini akan menjadi taman energi terbarukan terbesar di dunia yang mampu menghasilkan energi listrik sebesar 30 gigawatt.

Megaproyek ini ini terletak di wilayah Kutch, negara bagian Gujarat barat yang tersebar membentang seluas 72.600 hektar atau hampir seukuran negara Singapura. Nantinya, taman energi terbarukan ini terdapat berisi panel surya, unit penyimpanan energi surya, dan kincir angin.

“Taman energi terbarukan hibrida akan menjadi yang terbesar di dunia dan menghasilkan listrik sebesar 30.000 megawatt,” kata Modi, dilansir dari Science Alert, Rabu (16/12/2020).

Dirinya mengatakan, proyek ini sebagai bagian dari target ambisius India untuk menghasilkan 175 GW dalam energi terbarukan pada tahun 2022 dan 450 GW di tahun 2030. Menurutnya keamanan energi dan air sangat penting di abad ke-21. Proyek besar taman energi terbarukan dan pabrik desalinasi ini dianggap sebagai langkah untuk mencapai hal tersebut.

“Adanya proyek besar ini akan membantu India mengurangi emisi karbon dioksida hingga 50 juta ton per tahun,”ujarnya.

Ia menambahkan, pabrik desalinasi akan mampu mengolah 100 juta liter air sehari untuk 800.000 orang yang tinggal di wilayah gersang yang berbatasan dengan Pakistan. (Cr)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button