Tinggal Menghitung Hari BRIN Siap Gelar IEMS 2021

Tinggal Menghitung Hari BRIN Siap Gelar IEMS 2021

Listrik Indonesia | Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), melalui Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) kembali berinisiasi untuk menggelar acara Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 dengan tema "Innovation for Better Future e-Mobility", di Kawasan Puspitek Serpong, pada 24-26 November 2021.

Berbeda dengan ajang pameran dan seminar kendaraan listrik IEMS 2019, BRIN beradaptasi dan berinovasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi digital berbasis internet. IEMS 2021 dihelat dengan Konsep Hybrid Exhibition dan Hybrid Seminar. Kegiatan ini juga diisi dengan Talkshow, Webinar Series serta beberapa kegiatan lain diantaranya Test Drive Kendaraan Listrik.

Dr. Ir. Barman Tambunan, M.Sc.Eng, IPU, MLA-1, selaku Ketua Pelaksana IEMS 2021, sekaligus Kepala Kantor Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE)-BRIN, mengatakan IEMS 2021 merupakan bentuk dukungan BRIN bersama para pemangku kepentingan serta produsen kendaraan listrik dan komponen pendukungnya untuk memacu inovasi dan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia. “Kegiatan ini juga sebagai wadah transaksi penjualan kendaraan listrik, sekaligus untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar Barman.

Kegiatan inovasi dan riset pada kendaraan listrik dapat menjadi pivot penting untuk menyiapkan industri dalam negeri dalam mendukung era kendaraan listrik di Indonesia. “Dengan kegiatan IEMS ini, diharapkan seluruh pihak dari regulator, produsen, asosiasi, serta badan riset dan perguruan tinggi dapat menangkap pasar yang sangat potensial ini serta didukung penuh dengan industri dalam negeri, untuk mewujudkan Indonesia Net Zero Emission 2060,” ucap Barman.

Ketua BRIN Laksana Tri Handoko akan membuka (opening ceremony) pameran terbesar kendaraan listrik (Indonesia Electric Motor Show/IEMS) 2021 pada 24 November 2021 di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan.

Barman menjelaskan bahwa IEMS 2021 akan dibuka oleh Kepala BRIN Laksana Tri Handoko. Selain itu, beberapa tokoh lainnya juga akan hadir seperti Ketua Dewan Pembina BRIN Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Maritim Luhut B. Pandjaitan, Ketua Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita serta Dadan M. Nurjaman, Plt. Kepala Organisasi Pengkajian dan Penerapan Teknologi BRIN.

“Kami juga menyiapkan satu area test drive dengan lokasi sangat layak dan luas, lahan uji coba charging station, sehingga vistor bisa melihat teknologi charging kendaraan listrik,” kata Barman.

Riset ke Depan

Barman menuturkan, BRIN menjadi satu-satunya badan yang fokus mengembangkan riset dan teknologi setelah terjadi peleburan LIPI, BATAN, LAPAN, dan BPPT. "Sebelumnya BPPT hanya 3.000 orang, sekarang dengan peleburan 4 lembaga tersebut total menjadi 12.500 SDM. “Pada Januari 2021, BRIN akan menjadi badan yang lebih besar lagi, dengan semakin besar BRIN, maka kegiatan riset, pengkajian dan penerapan teknologi semakin fokus, khususnya kendaraan listrik berbasis baterai (KLBB) menjadi salah satu yang kita siapkan ekosistemnya dari industri, infrastruktur, dan didukung periset sebaga mitra."

Menurutnya, ada beberapa hal menarik di BRIN, yaitu untuk mengedepankan kolaborasi bahwa industri bisa melihat BRIN sebagai partner, bukan lagi sebagai laboratorium uji semata. Kedepan, lanjutnya, laboratorium itu digunakan untuk bekerjasama dengan industri swasta. Oleh karena itu, industri dapat memanfaatkan fasilitas laboratorium BRIN.

Barman menyampaikan bahwa pada 2022, skema riset mengarah pada riset oleh industri dengan menggunakan fasilitas dan laboratorium BRIN. "Kita dapatkan dari hasil riset, cukup kuat posisinya dari awal riset sudah dilakukan oleh industri, sehingga disebut made off Indonesia. Made off Indonesia ini artinya dibuat oleh orang Indonesia, karena property right kita yang pegang. “Bahwa kawasan Puspitek ini menarik, perlu dielaborasi, belum banyak orang datang kesini,” pungkas Barman.

Sebagai informasi, Registrasi online Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 telah dibukan. Segera daftarkan diri Anda di: https://electricmotorshow.id/visitor-register.html

 

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index