NEWS
Trending

Tingkatkan Pengetahuan Jaringan Cerdas, IT PLN Rangkul PJCI

Tingkatkan Pengetahuan Jaringan Cerdas, IT PLN Rangkul PJCI
Listrik Indonesia | Jaringan cerdas merupakan tahap awal menuju transisi energi, di masa mendatang sistem tersebut akan sangat dibutuhkan di sektor energi. Karena itu, IT PLN sebagai lembaga pendidikan menggandeng Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia (PJCI).

Bagi Profesor Iwa Garniwa Rektor IT PLN, Jaringan cerdas merupakan kepastian di sektor ketenagalistrikan, jaringan cerdas juga menjadi fokus pembelajaran di IT PLN. Karena itu, IT PLN menjalin kerja sama dengan PJCI, selain meningkatkan pengetahuan mahasiswa juga dapat mengembangkan jaringan cerdas itu sendiri.

“Ke depan tentu masyarakat butuh smart grid. Maka saya harapkan kerja sama ini bisa lebih, selain mendidik, juga membangun Indonesia,” ujarnya. Jumat, (12/6).

Sementara itu, Ketua PJCI Eddie Widiono mengatakan, kerja sama dengan IT PLN akan menciptakan ahli jaringan cerdas. Saat ini, dunia sedang menuju transisi energi, perjanjian ini bukan sekadar perjanjian tapi sama-sama diimplementasikan.

“Saya yakin jaringan cerda di masa mendatang akan sangat dibutuhkan, karena itu kita butuh para ahli di bidang ini,”ucap Eddie.

Pada hari itu, selain MoU Signing antara IT PLN dan PJCI via Zoom. Acara dilanjutkan  seminar yang bertajuk “Boosting Renewable Energy Investment To Accelerate Indonesia’s Energy Transition” dengan pemateri salah satunya Direktur Mega Proyek PT PLN Ikhsan Asaad dan EDF.

Dalam acara tersebut, Ikhsan menyampaikan,  dalam  mendukung perkembangan energi terbarukan di Indonesia. Saat ini PT PLN sedang melakukan Cofiring di 52 PLTU melalui program Green Bosster, dan mengonversi PLTD menjadi PV Solar yang ada di pelosok desa di Indonesia.

Untuk mencapai target EBT 23 persen adalah tantangan, tentu harus dilihat dari permintaannya. Di sisi lain, PLN memikirkan agar iklim investasi membaik juga pertumbuhan PLN. “Berbicara EBT tidak bisa hanya mengutamakan pertumbuhan Demand, tapi bagaimana pencapaian target dan pengurangan energi fosil,” tutup Ikhsan. (CR)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button