Trending

Tingkatkan TKDN Untuk Gairahkan Industri Sekaligus Hemat Devisa

Tingkatkan TKDN Untuk Gairahkan Industri Sekaligus Hemat Devisa
Listrik Indonesia | Industri dalam negeri akan lebih efektif sekaligus menghemat devisa sebesar US$ 2 miliar di 2019, jika dapat memaksimalkan pemanfaatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Menurut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, pemerintah telah mengevaluasi penggunaan TKDN di tahun ini. Menurutnya tahun depan penggunaan TKDN akan lebih diefektifkan lagi.

"TKDN, pencapaiannya belum semua sesuai mau kita. Jadi mulai tahun depan, Januari kita bikin lebih efektif," terang Luhut di kantornya, Jakarta, Jumat (28/12).

Jika TKDN dapat lebih ditingkatkan secara lebih efektif, pemerintah ingin bisa menghemat devisa dari berkurangnya impor sebesar US$ 2 miliar.

"Kelihatannya dari angka-angka yang kita lihat sementara bisa menghemat cukup besar tahun depan. Itu akan menimbulkan vendor-vendor baru di kita atau meningkatkan performance dari vendor vendor itu," jelas Luhut.

Untuk tahun ini, Luhut masih belum bisa menyebutkan angka penghematan dengan rinci. Tapi intinya, jika pencapaian TKDN tinggi, selain menghemat devisa, tentu lebih menggairahkan industri di Tanah Air. (fr)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button