Trending

Tips Hemat Listrik AC, Listrik Hemat AC Awet

Tips Hemat Listrik AC, Listrik Hemat AC Awet

Listrik Indonesia | Banyak orang mengeluh saat tagihan listrik naik gara - gara AC, Padahal boros atau tidaknya pemakaian lisrik sebuah AC tergantung dari cara setting remotnya sehari-hari. Berikut tips hemat listrik AC yang bisa Anda lakukan, Selain lisrik hemat AC juga lebih awet.

 

Pilih AC Hemat Energi

 

Jika Anda berencana membeli AC, pilih AC hemat energi. Meski harganya sedikit lebih mahal, AC hemat energi dapat menghemat konsumsi daya listrik 20-30% setiap bulannya.

 

Pastikan PK AC Sesuai dengan Ukuran Ruangan

 

Penggunaan AC yang tidak sesuai dengan ukuran ruangan membuat kompressor bekerja maksimum baru ruangan bisa dingin dan ini bisa boros listrik.

 

Atur Suhu Remot AC di 24 Derajat Celcius

 

Atur suhu remot AC DI 24 -25 derajat celcius tergantung tingkat tahan dinginnya Anda. Pokoknya Anda masih bisa tidur tanpa selimut dan tidak kedinginan.

 

Pastikan Keadaan Ruangan Tertutup Saat Menyalakan AC

 

Memastikan keadaan ruangan tertutup agar sirkulasi udara AC terbuang ke ruangan lain. Sehingga suhu udara yang disetting remot dapat tercapai dan kerja AC menjadi efesien dan efektif.

 

Pastikan AC di Service Rutin Minimal 3 Bulan Sekali

 

Bagian indoor dan outdoor AC perlu dicuci rutin, karena apabila tidak dilakukan maka debu dan kotoran yang menempel pada suku cadang AC akan membuat kinerja AC lebih berat sehingga kompressor menjadi lebih panas dan membutuhkan daya lebih tinggi untuk mendinginkan ruangan.

 

Beli AC yang Memiliki Sensor Manusia atau Sensor Gerak

 

Sekarang sudah ada AC yang dilengkapi dengan teknologi sensor yang dapat mendeteksi manusia atau gerakan tubuh. Sehingga disaat tidak banyak pergerakan dan tidak banyak orang di dalam ruangan, maka AC akan dengan otomatis mengurangi kerja kompressornya dan membuat tagihan lebih irit. Sementara disaat AC mendeteksi banyak gerakan dan manusia, AC kamu dengan otomatis bekerja sedikit lebih keras agar udara tetap dingin. (TS)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button