Brand CORPORATION Renewable Energy ENERGY PRIMER NEWS Electric Equipment POWER TECH
Trending

Total Solar DG Pasang PLTS Atap di Pabrik Danone-Aqua Klaten

Total Solar DG Pasang PLTS Atap di Pabrik Danone-Aqua Klaten
PLTS Atap Danone Aqua di Klaten besutan Total Solar Distributed Generation bakal menyuplai energi bersih. (foto: net)

Listrik Indonesia | Total Solar Distributed Generation, perusahaan penyedia sistem dan peralatan panel surya siap memberikan solusi energi bersih yang hemat biaya bagi pemerintah, bisnis, dan pemangku kepentingan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Gavin Adda, CEO Total Solar Distributed Generation Southeast Asia mengatakan bahwa sebagai bagian dari pemain utama global di sektor energi, perusahaan berkomitmen untuk memberikan solusi energi bersih yang hemat biaya bagi pemerintah, bisnis, dan pemangku kepentingan di seluruh dunia.

"Kami bangga untuk mendukung Jawa Tengah dan Indonesia dalam agenda energi bersih mereka, serta dapat dipercaya oleh Danone dalam mencapai komitmen netralitas karbon perusahaan dengan menggunakan solusi kami yang merupakan standar tertinggi dalam teknologi dan keselamatan yang mampu bertahan untuk waktu yang sangat lama,” katanya saat peresmian PLTS Atap Danone Aqua di Klaten, Selasa (6/10).

Total Solar Distributed Generation (DG) adalah anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh Total yang fokus dalam pengembangan solusi energi surya terdistribusi, termasuk atap bertenaga surya dan panel surya yang dipasang di tanah.

Mulai beroperasi di Asia sejak 2018, Total Solar DG merupakan perusahaan internasional yang menyediakan solusi menyeluruh untuk PLTS bagi sektor industri dan komersial, dengan rekam jejak lebih dari 600 MW proyek yang dikembangkan dan beroperasi di Asia.

Pemerintah Jawa Tengah bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Perindustrian meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap secara virtual di pabrik Danone-AQUA di Klaten, Jawa Tengah.

Pembangkit listrik tenaga surya fotovoltaik (PV) yang dikembangkan, dibangun, dan dioperasikan oleh Total Solar Distributed Generation (DG) Southeast Asia tersebut, saat ini merupakan yang terbesar di Jawa Tengah yang diprakarsai oleh industri.

Dengan kapasitas 2.919 kWp (kilowatt peak), PLTS Atap tersebut dapat menghasilkan listrik sebesar 4 GWh (Gigawatt hour) per tahun sekaligus mengurangi 3.340 ton emisi karbon per tahun.

Secara geografis Provinsi Jawa Tengah yang berada di daerah khatulistiwa yang terletak pada 10°LS memiliki intensitas penyinaran matahari 3,5 kwh/m²/hari – 4,67 kwh/m²/hari, sehingga seluruh wilayah di Jawa Tengah potensial untuk dibangun PLTS.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, juga sangat mendukung pembangunan PLTS Atap, hal ini ditandai dengan diterbitkannya Surat Edaran nomor 671.25/0004468 pada tanggal 1 Maret 2019 perihal Implementasi PLTS Atap, dengan menghimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan kepada beberapa perusahaan swasta  di Jawa Tengah untuk membangun PLTS Atap di institusinya masing-masing.

Corine Tap, Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone-AQUA) mengatakan akan menjadi mitra aktif pemerintah dalam menerapkan energi bersih dan terbarukan merupakan salah satu prioritas kami yang sesuai dengan visi global perusahaan, One Planet One Health.

“Untuk mewujudkannya, kami berkomitmen untuk menggunakan energi baru dan terbarukan hingga 100% pada tahun 2030 di operasional Danone di seluruh dunia. Oleh karena itu, penggunaan solar panel terbesar di pabrik Klaten merupakan salah satu wujud nyata dari berbagai usaha yang kami lakukan dan merupakan bentuk komitmen Danone untuk menjadi salah satu katalisator dari industri dalam mendukung Provinsi Jawa Tengah menjadi provisi energi surya pertama di Indonesia,” ujarnya. (zc)


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button