Transisi Energi di Pulau Kecil, Ini yang Dilakukan DEN

Transisi Energi di Pulau Kecil, Ini yang Dilakukan DEN
Listrik Indonesia| Dewan Energi Nasional (DEN) terus berupaya mendorong transisi energi di berbagai daerah. Indonesia sebagai negara kepulauan memerlukan mitigasi yang tepat untuk setiap pulau sesuai dengan karakteristik sosial ekonomi dan potensi sumber daya energi.

Hal itu dikatakan Sekjen DEN Djoko Siswanto dalam kegiatan Forum Group Discussion(FGD) dengan tema Transisi Energi di Pulau Pulau Kecil bersama Hawai’i Natural Energy Institute (HNEI), Senin (22/5/2023) kemarin.

Kegiatan FGD yang diselenggarakan DEN dan USAID itu bertujuan untuk menentukan langkah- langkah kebijakan transisi energi pulau pulau kecil juga memperoleh pembelajaran dari AS khususnya pulau-pulau kecil di Hawai terkait transisi energi.

Djoko Siswanto menyampaikan komitmen untuk mencapai net zero emission pada tahun 2060 dan sedang menyiapkan roadmap strategi transisi energi net zero emission yang berfokus pada pengurangan penggunaan energi bahan bakar fosil dan peningkatan penggunaan energi baru dan terbarukan dengan penerapan teknologi bersih seperti CCS dan CCUS. 

"Indonesia sebagai negara kepulauan memerlukan mitigasi yang tepat untuk setiap pulau sesuai dengan karakteristik sosial ekonomi dan potensi sumber daya energi. Dengan melihat contoh-contoh pengelolaan energi dari pulau-pulau di negara-negara yang sudah maju dalam hal pengelolaan energi, diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi pemerintah daerah dan membantu tugas-tugas perencanaan energi di daerah, termasuk Rencana Umum Energi Daerah," kata Djoko seperti dikutip dalam laman resmi DEN, Selasa (23/5/2023).

Bill Mith dari HNE menyampaikan dukungan transisi energi dalam menurunkan net zero emision. Hal itu dilakukan dengan memberikan sharing pengalaman Hawai dalam transisi energi di pulau pulau kecil. 

"Kami berharap pengalaman ini bermanfaat di Indonesia yang memiliki kesamaan pada mengelola energi di pulau-pulau kecil. Sehingga bisa meningkatkan elektrifikasi," ujarnya.

Dalam panel diskusi  yang membahas terkait kebijakan energi, Anggota DEN Herman Darnel Ibrahim menyampaikan tantangan transisi energi pulau-pulau di Indonesia. Di antaranya mewujudkan transisi energi dengan tetap mengamankan pasokan dan harga yang terjangkau, potensi ET yang umumnya tersedia  adalah energi surya  yang intermitten, dan ketersediaan potensi energi terbarukan yang tidak seimbang  dengan proyeksi kebutuhan setempat dalam jangka panjang.

"Termasuk peran pemerintah daerah dalam mewujudkan transisi energi yang baru menyusun RUED," ungkapnya.
Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index