NEWS
Trending

Viral! Bengkaknya Tagihan Listrik Warga Gunugkidul

Viral! Bengkaknya Tagihan Listrik Warga Gunugkidul

Listrik Indonesia | Diberitakan sebelumnya, dua warga Padukuhan Menggoran II, Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen kaget setelah mendapat tagihan listrik mencapai jutaan rupiah. Pasalnya kedua warga ini selalu tertib membayar tagihan listrik dan perbulannya tidak pernah mencapai jutaan rupiah.

Mila Suharningsih (40) menjelaskan, bahwa dia sebelumnya memakai listrik berdaya 450 KWH. Namun karena kebutuhan akan listrik meningkat membuatnya ingin menaikkan daya listrik. Ia mengaku PLN sempat mengganti meteran listrik dengan yang baru, dari sebelumnya 450 VA menjadi 1300 VA.

"Saya kagetnya itu pembayaran listrik segitu itu apa saja. Biasanya kita bayar kan sekitar Rp 200 ribu sebulan tapi kok ini bisa sampai Rp 790 ribu," ucapnya.

Semantara itu, Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Wonosari Pranawa Erdianta mengatakan, lonjakan tagihan tersebut terjadi karena rekening yang ditagihkan kepada pelanggan setiap bulan lebih rendah dari pemakaiannya dan terakumulasi selama bertahun-tahun.

Lanjutya, dikatakan olehnya, bahwa PLN telah memberikan solusi bahwa pelanggan tidak harus membayar keseluruhan biaya tunggakan, tetapi hanya kurang dari Rp 9 juta dan diangsur selama 6 bulan. Pranawa menyebut, atas solusi yang diberikan, pelanggan mengaku berterima kasih dan bersyukur karena pengurangan tersebut sangat meringankan dan solutif baginya.

Secara rinci, dia menjelaskan, Mila pelanggan listrik di Wonosari mengalami lonjakan tagihan setara Rp 44 juta akibat pemakaian KWH yang belum tertagih sebesar 28.434 kWh. Hal ini terjadi setelah pada 23 Desember 2014, pelanggan yang rekeningnya tercatat atas nama Hartono tersebut meminta kenaikan daya menjadi 1300 VA.

Sepanjang hampir 6 tahun itu, beban tagihannya terakumulasi sehingga muncul peringatan dalam sistem PLN, sehingga diterbitkanlah surat pemberitahuan kekurangan bayar.

PLN mengimbau kepada pelanggan agar aktif tetap melakukan catat meter mandiri dengan mengirimkan foto angka stan kWh meter ke nomor WA PLN 08122-123-123 sesuai dengan jadwal baca meternya. Serta rutin melakukan pengecekan kesesuaian struk dengan KWh meter. (Cr)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button