Business CORPORATION POWER TECH
Trending

Wahana Eco Energi Bidik Trading Elektrikal Mekanikal PLTA

Wahana Eco Energi Bidik Trading Elektrikal Mekanikal PLTA

Listrik Indonesia | Melihat pangsa pasar elektrikal mekanikal pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Indonesia. PT Wahana Eco Energi membidik potensi penjualan di sektor tersebut.

Direktur Utama PT Wahana Eco Energi, Tarita Jacob menungkapkan alasan perusahaanya konsen sebagai pemasok produk elektrikal mekanikal pembangkit air dengan mendatangkan langsung teknologinya dari Austria, Eropa.

Menurutnya, tak hanya membangun infrastrutuknya yang penting, paling utama yaitu keandalan teknologinya. Terkadang pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM) masi ditemukan yang sudah tidak beroperasi, padahal usia pembangkit tersebut masih seumur jagung.

“Inilah betapa pentingnya kualitas mesinnya, belum lagi soal kecanggihanya,” tutur Tarita.

Pihaknya pun segera melakukan kerja sama dengan perusahaan turbin air terkemuka di dunia asal Austria yaitu  GUGLER Waterturbine GmbH. Memilih kerja sama dengan GUGLER Waterturbine, lantaran perusahaan tersebut sangat berpengalaman dalam manufaktur produk elektrikal mekanikal PLTA.

GUGLER sendiri sudah lebih dari 100 tahun, telah mengabdikan diri pada pengembangan dan konstruksi pada industri PLTA/PLTM dengan lebih dari 1.000 turbin yang berhasil dipasang diseluruh pembangkit air di dunia dengan kapasitas mulai dari 50 kW hingga 25 MW.

Tarita menyampaikan, teknologi hidro Austria terkenal akan  kecanggihan dan keandalanya, dan pada tahun 2010 GUGLER juga pernah mengerjakan proyek PLTA milik Barata, karena mempunyai portofolio seperti itu, Wahana Eco Energi semakin berniat melakakuan kerja sama dengan GUGLER untuk memasok turbin dan generator PLTA.

“Dari pengalaman mereka dan tekonologi yang dapat diandalankan itu sebabnya kita memilih mereka (GUGLER),” jelas Tarita.

Adapun jenis-jenis dan fungsi produk elektrikal mekanikal untuk PLTA/PLTM yang dipasok Wahana Eco Energi antara lain Kaplan-Turbin hingga 20 MW per unit dengan keunggulan tekanan rendah dengan aliran tinggi. Turbin Francis hingga 25 MW per unit, untuk aplikasi dengan aliran sedang. Pelton-Turbin hingga 25 MW per unit, Pelton-Turbines digunakan untuk head yang lebih tinggi dan arus yang lebih kecil. Turbin-turbin tersebut didesain secara individual dengan teknologi mutakhir memberikan efisiensi tertinggi, umur terpanjang, dan menjamin profitabilitas yang luar biasa.

Tidak hanya turbin, kita juga memasok seluruh perlengkapannya mulai dari generator , hidarulic power unit, dan water to wire (Pekerjaan sipil hinnga menjadi listrik),” bebernya.

Hingga saat ini Wahana Eco Energi sudah memasok untuk 10 proyek PLTA/PLTM atau sebayak 20 unit elektrikal mekanikal yang sudah terinstall.  


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button