NEWS
Trending

Wamena Optimalkan Potensi Air Jadi Energi

 Wamena Optimalkan Potensi Air Jadi Energi
Pasokan listrik di Wamena dipastikan cukup. (foto: net)
Listrik Indonesia | PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Wamena mengaku akan mengoptimalkan potensi air di kawasan itu menjadi energi. Hal ini dibuktikan dengan mendatangkan enam mesin pembangkit listrik baru dari Manokwari Provinsi Papua Barat.

"Kita memiliki dua jenis pembangkit, yaitu dari diesel dan air. Kalau diesel kita yang paling besar itu 700 KW, terus di bawahnya ada yang 500 KW. Sekarang kita tambah enam mesin untuk membantu pembangkit jenis air yang sedang beroperasi," ujar Manajer PLN UP3 Wamena, Robert Mofu di Wamena, Senin (19/10).

Saat ini, katanya, kebutuhan listrik di Wamena mencapai 7 megawatt. Dengan adanya tambahan mesin ini, diharapkan bisa memperkuat pasokan listrik bagi masyarakat Wamena.

"Kapasitas pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Jayawijaya mendekati 4 MW. Tapi, terkadang menurun akibat cuaca atau ketersediaan air di Sungai Welesi, termasuk aktivitas masyarakat di sekitar," katanya.

Pihaknya berharap, masyarakat di wilayah di sekitar Welesi turut menjaga kelestarian alam di sekitar PLTA agar curah hujan jangan sampai mengganggu operasional kelistrikan. Terlebih, pihaknya menambah mesin pembangkit untuk tenaga air ini.

Dengan tambahan mesin pembangkit diesel dan pembangkit air, dia memastikan layanan kelistrikan untuk wilayah Jayawijaya tercukupi hingga hari raya natal dan tahun baru pada Desember.

Ia mengatakan curah hujan jelang akhir tahun sangat cukup sehingga akan sangat membantu pembangkit listrik tenaga air yang ada.

"Pembangkit listrik ini tidak ada masalah dan kita yakin sampai Desember listrik cukup kuat, sebab total daya mampu 8-9 MW, sementara beban puncak kita di Wamena sekitar 7 MW," tegasnya. (pin)

 

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button