AGENDA NEWS PROFILE
Trending

WAPRES : Pemanfaatan EBT Jadi Program Prioritas

WAPRES : Pemanfaatan EBT Jadi Program Prioritas

Listrik Indonesia | Masih minimnya pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT) dan ketergantungannya dengen energi fosil. Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan, pemerintah terus berupaya agar pemanfaatan EBT lebih teralisasi.

Wapres memaparkan berdasarkan Dewan Energi Nasional (DEN) bauran energi primer nasional tahun 2019 sebesar 37,15% dari batubara. Kemudian 33,58% dari minyak bumi dan 20,13% dari gas bumi. Sementara itu 9,15% dari Energi Baru Terbarukan (EBT).

Oleh karena itu, pemanfaatan energi terbarukan menjadi salah satu program prioritas untuk mengurangi ketergantungan negara terhadap energi fosil. Namun saat ini target penggunaan energi terbarukan masih jauh dari target.

Dia juga menyoroti bahwa saat ini Indonesia masih tergantung dengan energi fosil yang sebagian besar justru diimpor. Wapres mencontohkan, saat ini penggunaan elpiji yang 70% masih diimpor dari luar negeri.

“Ketergantungan kita terhadap energi fosil yang diimpor harus secara bertahap diganti dengan energi yang bersumber dari energi terbarukan yang tersedia secara lokal,” katanya katanya dalam acara Dies Natalis ke-5 Universitas Pertamina, Senin (1/2/2021).

Dia menyebut bahwa Indonesia perlu belajar dari beberapa negara yang telah sukses dalam pemanfaatan energi baru terbarukan. Salah satunya Jerman, dimana bauran energi primer dari EBT telah mencapai 85% dari energi nasionalnya.

“Sebagian besar EBT di Jerman merupakan energi dari tenaga surya, angin, sampah biomassa, dan hidro-elektrik. Hal ini tentunya tidak lepas dari riset, inovasi dan investasi dari Pemerintah Jerman yang menyatakan bahwa tahun 2050 semua energi berasal dari energi hijau dan bersih,” paparnya.

Dia menyebut bahwa sumber EBT di Indonesia tidak kalah dengan Jerman. Menurutnya potensi EBT di Indonesia cukup besar. Terutama dari energi Surya, angin dan hidro-elektrik. (Cr)

 

 


Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button