NEWS
Trending

Waspada, Gunung Sinabung Meletus Dahsyat

Waspada, Gunung Sinabung Meletus Dahsyat
Listrik Indonesia | Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali menunjukkan aktivitasnya. Kali ini, meletus dengan dahsyatnya, ini termasuk yang terbesar sepanjang sejarah meletusnya Gunung Sinabung.

Terjadi erupsi eksplosif dengan tinggi kolom letusan mencapai 5000 meter dari atas puncak Gunung Sinabung, tepat pukul 08.53 WIB, Senin (19/2). Rentetan awan panas yang berguguran mencapai 4,9 km ke arah sektor selatan-tenggara dan 3,5 km ke arah timur-tenggara, durasi awan panas guguran yang terpendek 195 detik dan yang terpanjang mencapai 792 detik.

Kepala PVMBG (Pusat Vulkanologi Dan Mitigasi Bencana Geologi), Kasbani menjelaskan, meletusnya Gunung Sinabung diiringi gempa vulkanik sebanyak 17 kejadian, gempa low frekuensi 17 kejadian, gempa vulkanik hybrid 1 kejadian, dan gempa guguran 9 kejadian. Selain itu, beberapa lokasi terselimuti hujan abu diataranya Desa Tiganderket, Desa Selandi Lama, Desa Selandi Baru, Desa Perbaji, dan Desa Payung sampai Munte, dan sektor timur Kecamatan Kutarayat.

Koordinasi di lapangan secara langsung terus dilakukan di Pos PGA Sinabung dengan Bupati Karo, BPBD Kabupaten Karo, Kapolres Karo, Dandim Karo, Camat Simpang Empat, Camat Tiganderket, Camat Kutarayat, Dinas Pendidikan dan Kebudayan Karo, serta PMI Karo.

“Lokasi-lokasi yang terkena dampak awan panas, langsung disterilkan, demi menjaga keselamatan masyarakat,” pungkas Kasbani. (GC/f)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button