NEWS
Trending

Zulkifli Zaini Fokus Benahi Keuangan dan Listrik Padam

Zulkifli Zaini Fokus Benahi Keuangan dan Listrik Padam
Listrik Indonesia | Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) yang baru. Ia fokus pada pembenahan keuangan PLN dan masalah listrik padam.

Zulkifli Zaini menyampaikan, PLN harus fokus pada dua permasalahn ini yaitu pembenahan keuangan dan juga listrik padam. Menurutnya, mengemban tanggung jawab sebagai satu-satunya perusahaan yang diberikan kewenangan dan tanggung jawab oleh negara untuk menyediakan pelayanan ketenagalistrikan. Tanpa adanya visi misi dan spirit yang sama, tanggung jawab itu akan menjadi beban, sehingga masyarakat yang akan menjadi korban.

Ada empat pedoman pokok yang harus dijalankan tanpa syarat oleh setiap pegawai PLN. Pertama, menjalankan perusahaan dengan prinsip Good Corporate Governance. Dengan begitu setiap pegawai menjunjung tinggi tanggung jawab atas pelayanan kepada masyarakat.

Kemudian, menempatkan pengguna listrik sebagai konsumen yang harus dilayani sebaik-baiknya. PLN juga harus memiliki kemampuan untuk membiayai mandat yang telah diberikan oleh Pemerintah kepada PLN. Serta mampu menjadi perusahaan yang lebih efisien.

“Untuk itu PLN harus memiliki rasio keuangan yang baik, memiliki cashflow yang baik dan sustain,” ujarnya. 

Ia juga mengatakan, PLN memiliki tanggung jawab untuk menyediakan listrik  dengan kualitas yang baik dan tidak padam, sehingga security of supply menjadi kunci utama dalam pelayanan. Sementara untuk bergerak maju, PLN juga bertanggung jawab untuk mewujudkan rasio elektrifikasi hingga 100 persen di seluruh wilayah Indonesia dan meningkatkan konsumsi listrik per kapita.

“Apabila semua pedoman itu dijalankan dengan baik, maka permasalahan akan terkikis dan PLN semakin dipercaya oleh masyarakat,” tandasnya. (CR)

Related Articles

0 Komentar

Berikan komentar anda

Back to top button