Soal Dekarbonisasi, Vale Jagonya

Soal Dekarbonisasi, Vale Jagonya
Vale mendapatkan penghargaan The Most Active Mining Company in Implementing Renewable Energy yang diserahkan oleh Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi.

Listrik Indonesia | PT Vale Indonesia Tbk (INCO) kembali mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan tambang yang peduli terhadap keberlanjutan lingkungan. Hal ini terkonfirmasi dari gelaran Penghargaan Listrik Indonesia 2024 yang diselenggarakan oleh Majalah Listrik Indonesia (Jumat, 2/5) di Hotel Mulia, Jakarta, dimana Vale mendapatkan penghargaan sebagai The Most Active Mining Company in Implementing Renewable Energy.

“Penghargaan ini mendorong PT Vale Indonesia yang saat ini memiliki sejumlah prioritas pekerjaan di masa mendatang. Dan juga kami terus berkomitmen dalam melakukan transisi energi menuju net zero emission sesuai target perusahaan dan juga target pemerintah,” kata Budiman Paelongan, Senior Manager Thermal Maintenance PT Vale Indonesia Tbk usai menerima penghargaan.

Vale sendiri diketahui sebagai salah satu perusahaan pertambangan yang aktif dalam mengimplementasikan konsep pertambangan berkelanjutan. “Majalah Listrik Indonesia menilai bahwa apa yang dilakukan Vale selama ini menjadi bukti implementasi nyata dalam mendorong terwujudnya energi bersih,” ujar Pemimpin Redaksi Listrik Indonesia.

Vale sebagai perusahaan tambang global, saat ini sudah memanfaatkan dan mengandalkan sumber energinya dari tiga bendungan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang dibangunnya. Boleh dibilang, pabrik peleburan nikelnya sudah aktif mengkampanyekan sustainability. Hebatnya dari tiga PLTA tersebut, Vale telah mampu menurunkan emisi lebih dari 11 persen.

“Vale Indonesia berkomitmen dalam good mining practice juga memiliki target untuk 100 persen EBT (energi baru dan terbarukan) secara berkelanjutan,” Ungkap Budiman. Di ajuga mengatakan bahwa langkah itu diambil dalam rangka mendukung target pemerintah.  “Salah satunya dengan melakukan program-program yang berhubungan dekarbonasi,” tegasnya.

Ikuti ListrikIndonesia di GoogleNews

Berita Lainnya

Index